Kompas.com - 17/07/2021, 22:16 WIB
Ilustrasi bercocok tanam, pupuk alami, pupuk tanaman ShutterstockIlustrasi bercocok tanam, pupuk alami, pupuk tanaman

JAKARTA, KOMPAS.com--Jika kamu memiliki kayu bekas api unggun, jangan langsung membuangnya ya.

Karena, abu dari kayu yang telah terbakar bisa menjadi pupuk yang akan menyuburkan tanaman. 

Dilansir dari Tipnut, Sabtu (17/7/2021), abu kayu akan menjadi penguat tanaman yang alami karena di dalamnya terkandung kalium, kalsium, fosfor dan magnesium yang mendorong pertumbuhan akar dan batang yang kuat.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk dari Ekstrak Bawang Merah

Manfaat utamanya adalah meningkatkan alkalinitas tanah. Ini dianggap sebagai pengganti kapur taman karena keduanya akan menyuburkan tanah.

Namun, jangan gunakan abu kayu untuk tanah yang sudah bersifat basa. Agar lebih yakin, ada baiknya kamu melakukan pengetesan pada tanah sebelum memberikan abu kayu sebagai pupuk. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara menggunakan

Taburkan di atas tanah yang akan ditanami lalu ambil penggaruk dan aduk rata, pastikan untuk memecah gumpalan karena konsentrasi yang berat akan menghasilkan tempat garam yang berpotensi berbahaya setelah basah.

Aplikasikan saat tanah kering, tidak berangin dan minimal 3 minggu sebelum kamu akan menanaminya dengan bibit tanaman. 

Berapa banyak yang harus digunakan? Disarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 113 liter per 92 meter persegi per tahun dan kamu telah menguji tanah sebelum mengaplikasikannya.

Baca juga: Ragam Manfaat Pupuk TSP untuk Tanaman

Tips

  • Kamu juga dapat menambahkannya ke tumpukan kompos, ini membantu mengurangi bau dan meningkatkan laju dekomposisi (tidak terlalu banyak, cukup lapisan tipis saja).
  • Jangan menggunakan bahan yang berasal dari kayu yang telah menggunakan bahan pengawet kimia dan hanya digunakan jika berasal dari kayu bakar yang belum terkontaminasi bahan lainnya (karena mungkin mengandung sisa bahan berbahaya bagi

Halaman:


Sumber Tipnut
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.