Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Pertimbangan Sebelum Merawat Tanaman di Dalam Rumah

Kompas.com - 12/07/2021, 10:39 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membawa tanaman hias baru ke rumah Anda adalah momen menarik yang penuh harapan tanaman tersebut bisa tumbuh dengan subur.

Beberapa jenis tanaman seperti pohon palem yang rimbun atau philodendron yang dapat menghiasi keranjang gantung, dapat menjadi pilihan.

Namun, seperti yang dilansir dari Real Simple, Senin (12/7/2021), ada beberapa hal yang perlu diingat sebelum membeli tanaman hias baru. Sedikit riset sebelum dan selama perjalanan belanja tanaman Anda dapat menyelamatkan Anda dari kekecewaan kehilangan tanaman hias lagi.

Baca juga: Catat, Ini Penyebab Daun Tanaman Hias Indoor Menguning

Berikut adalah lima hal yang perlu diingat, mulai dari sinar matahari, kelembapan, hingga tanah pot, saat menyambut tanaman baru di rumah.

1. Anak-anak dan hewan peliharaan

Salah satu faktor yang mudah dilupakan saat berbelanja tanaman adalah bagaimana tanaman baru akan cocok dengan hewan peliharaan dan anak-anak Anda. Tergantung pada toksisitas tanaman, bahkan gigitan pada daun dapat membuat hewan peliharaan Anda sakit.

Agar aman, periksa setiap tanaman sebelum membawanya pulang.

Jika Anda memiliki anak kecil di rumah, pertimbangkan penempatan tanaman dengan cermat. Anda mungkin harus menghindari tanaman besar yang berdiri di lantai, agar mereka tidak mudah menggapainya, dan pilihlah tanaman merambat yang dapat diletakkan di atas lemari dapur.

Baca juga: Cara Ampuh Mengusir dan Mencegah Semut pada Tanaman Hias

3. Paparan sinar matahari

Sebelum Anda mulai berbelanja, pikirkan di mana tanaman itu akan hidup. Jika Anda memiliki ruang tamu yang cerah atau kamar mandi dengan cahaya redup, biarkan jumlah sinar matahari di setiap area memandu dimana bisa diletakkan.

4. Kelembapan di rumah

Tergantung di mana Anda tinggal, sistem pemanas rumah Anda, dan apakah Anda menjalankan pelembap udara setiap hari, rumah dapat memiliki tingkat kelembapan yang sangat berbeda.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com