Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/07/2021, 08:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan toilet atau kloset termasuk dalam daftar pekerjaan rumah yang kerap enggan dilakukan banyak orang. Sebab, pekerjaan ini membutuhkan banyak kegiatan menggosok, yang tentu melelahkan.

Namun demikian, kloset harus rutin dibersihkan untuk mencegah penumpukan jamur, bakteri, dan kuman yang jumlahnya tidak sedikit. Selain itu, membersihkan kloset secara rutin juga dapat menurunkan risiko penyebaran penyakit.

Dikutip dari Better Homes & Gardens Australia, Senin (12/7/2021), asam, seperti asam klorida, sering digunakan dalam pembersih toilet dan sangat korosif. Ini bisa sangat beracun bagi Anda saat membersihkan kloset, tetapi juga bisa menimbulkan risiko bagi anggota keluarga dan hewan peliharaan.

Baca juga: Beragam Penyebab Kloset Mampet

Pemutih juga merupakan bahan aktif dalam pembersih toilet, tetapi berpotensi membakar, menimbulkan korosi, dan bahkan bisa mengganggu kesehatan.

Namun demikian, jangan khawatir. Anda dapat membuat pembersih kloset sendiri menggunakan bahan-bahan rumah tangga yang sederhana, berikut caranya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • Setengah sendok teh minyak esensial tea tree oil
  • Setengah cangkir soda bikarbonat atau baking soda
  • Satu cangkir cuka putih

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Noda Urine pada Dudukan Kloset

Cara membuat dan mengaplikasikannya

Pertama, campurkan cuka dan minyak esensial dalam botol semprot kecil. Semprotkan campuran cuka di dalam mangkuk dan juga pada dudukan kloset, tutup dan pegangannya.

Biarkan pembersih selama beberapa menit. Kemudian taburkan baking soda di bagian dalam mangkuk kloset dan gosok bagian dalam mangkuk dengan sikat kloset.

Lalu, dengan menggunakan kain bersih, bersihkan bagian atas tangki kloset dengan campuran cuka. Gunakan kain itu untuk menyeka bagian atas tutup kloset, di bawah tutup, di atas dan di bawah dudukan.

Bilas kain setelah selesai. Anda juga dapat menggunakan campuran untuk menyeka bagian luar mangkuk kloset.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com