Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/07/2021, 22:07 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebiri merupakan sebuah tindakan untuk menghilangkan fungsi dari organ reproduksi. Hal ini umumnya sering dilakukan pada kucing, baik jantan maupun betina.

Tindakan kebiri dapat membuat kucing mandul atau steril sehingga tidak bisa lagi menghasilkan keturunan. 

Baca juga: Tak Kalah Gemas, Ini 5 Alasan Mengapa Perlu Memelihara Kucing Kampung

Meski tampak kejam, tindakan kebiri pada kucing memberikan sejumlah kebaikan bagi kehidupan kucing.

Dikutip dari kanal YouTube Meow Citizen, Minggu (11/7/2021), berikut ini lima alasan kucing dikebiri

Baca juga: 5 Tanda Kucing Butuh Lebih Banyak Waktu Bermain

Mengurangi risiko kanker dan tumor

Kebiri bisa membuat kucing lebih aman dari serangan kanker dan tumor, terlebih bila hal itu sudah dilakukan sejak kecil.

Pada kucing jantan, kebiri akan mengurangi risiko kanker testis. Sementara, pada kucing betina, kebiri bisa mencegah kanker uteri (rahim), penyakit biometra, dan tumor kelenjar.

Kucing betina yang tidak dikebiri berisiko tujuh kali lebih besar untuk terkena kanker dan tumor daripada kucing betina yang sudah dikebiri. 

Baca juga: 4 Perilaku Manusia yang Membuat Kucing Bahagia

Dengan kebiri, risiko penyakit tersebut bisa berkurang secara signifikan. Kebiri memang paling optimal dilakukan ketika umurnya dibawah 2 tahun.

Meski begitu, kucing yang sudah tua tetap bisa dikebiri dan tetap memberikan manfaat. Namun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan. 

Baca juga: Ingat, Jangan Berikan Susu untuk Kucing yang Keracunan

Memperpanjang umur 

Hal ini sangat berkaitan dengan poin sebelumnya. Kucing yang dikebiri akan memiliki risiko penyakit lebih sedikit daripada yang tidak di kebiri.

Hasilnya, harapan hidup kucing yang dikebiri akan meningkat. Rata-rata kucing yang dikebiri berumur lebih panjang daripada kucing yang tidak dikebiri.

Untuk perbandingan, kucing betina yang dikebiri bisa hidup 1,6 kali lebih panjang daripada kucing betina yang tidak dikebiri. Sementara, kucing jantan yang dikebiri bisa hidup dua kali lebih panjang daripada kucing tidak dikebiri. 

Baca juga: 3 Tips Perawatan Kucing Sphynx

Mengurangi musim kawin

Kucing yang sedang memasuki musim kawin biasanya agak mengganggu dan menyusahkan, baik bagi si kucing maupun pemiliknya. 

Saat musim kawin, kucing bisa kehilangan selera makan, bulunya rontok, dan bertingkah merepotkan seperti melolong seharian dan menggesek-gesek tubuhnya ke pemiliknya.

Apabila dikebiri, hormon yang bergejolak pada seekor kucing bisa diredam. Hasilnya, si kucing akan lebih nyaman dan tidak mengalami kesusahan ketika musim kawin. 

Baca juga: Kucing Diare? Ini Jenis Makanan yang Dianjurkan Dikonsumsi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com