Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/07/2021, 10:27 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak seperti manusia yang bisa melihat beragam warna, ternyata kucing tidak bisa melihat banyak warna.

Akan tetapi, kucing memiliki kelebihan lainnya yakni mereka memiliki kemampuan luar biasa untuk melihat gerakan kecil dan cepat dengan pandangan yang jauh yang lebih luas.

Dilansir dari Daily Paws, Kamis (8/7/2021), meskipun kucing tidak bisa melihat seperti manusia, namun mereka memiliki kemampuan unik untuk melihat dalam kegelapan, dan menjadikan kucing sebagai pemburu malam yang sangat baik.

Baca juga: Tips dan Langkah Grooming Kucing di Rumah

Selain itu, kucing dianggap hewan yang buta warna, atau mereka tidak bisa membedakan warna.

Ada seseorang yang tidak bisa membedakan warna merah dengan hijau setelah mengalami cedera atau penyakit mata, dan kucing memiliki kekurangan tersebut.

Manusia dan kucing sama-sama memiliki dua jenis reseptor warna di mata mereka, yaitu kerucut dan batang.

Kerucut menangani penglihatan di siang hari dan persepsi warna. Batang menangani apa yang bisa dilihat di malam hari dan kemampuan untuk melihat dari sisi ke sisi dan sekeliling (penglihatan perifer).

Baca juga: Kucing Bergerak Saat Tidur? Ini Penyebabnya

Setiap kerucut mendeteksi panjang gelombang cahaya. Manusia memiliki tiga kerucut dan umumnya dapat mendeteksi seluruh spektrum cahaya.

Sedangkan kucing hanya memiliki dua kerucut, yang membatasi spektrum cahaya yang dapat mereka lihat.

Bisakah kucing melihat warna?

Kucing dapat melihat beberapa warna, tetapi apakah ada warna tertentu yang dapat dilihat kucing dengan baik? Dua kerucut pendeteksi warna kucing memungkinkan mereka melihat panjang gelombang cahaya biru-ungu dan kuning-hijau, tetapi tidak merah-oranye.

Jadi, mirip dengan anjing, kucing biasanya melihat sesuatu dalam warna kuning, abu-abu, dan biru, tetapi beberapa peneliti berpikir bahwa kucing juga dapat melihat beberapa warna hijau.

Halaman:
Sumber Daily Paws
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com