Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/07/2021, 11:01 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas adalah jantung dari setiap dapur. Selain menyediakan tempat dingin untuk menjaga makanan Anda tetap segar lebih lama, dengan menggunakan kulkas, Anda dapat menyimpan dengan teratur bahan makanan yang tersedia.

Akan tetapi, di balik fungsinya tersebut, seperti alat elektronik lainnya, kulkas dapat rusak seiring waktu, terlebih jika digunakan secara salah.

Seperti yang dilansir Hunker, Rabu (7/7/2021), ada beragam kesalahan dalam menggunakan kulkas yang membuat kulkas dan makanan di dalamnya lebih cepat rusak, antara lain sebagai berikut. 

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Lengket di Dalam Kulkas

1. Mendinginkan bahan makanan yang tidak seharusnya

Jika Anda berpikir Anda harus menyimpan semua makanan yang mudah rusak di kulkas Anda, maka inilah saatnya untuk berpikir lagi.

Bahan makanan bertepung, seperti kentang dan roti, dapat berubah menjadi manis lebih cepat di iklim dingin, jadi sebaiknya menyimpannya di kulkas.

Selain itu, udara dingin juga dapat mempercepat proses pembusukan untuk buah dan sayuran tertentu, termasuk melon, pisang, bawang, tomat, mangga, dan apel.

2. Suhu kulkas yang salah

Menurut Lembaga Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS, suhu yang tepat untuk kulkas adalah pada atau di bawah 4 derajat celcius. Menyimpan makanan Anda pada suhu yang lebih tinggi dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri atau lebih buruk lagi, penyakit akibat makanan. 

Baca juga: Perhatikan, Ini Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Meletakkan Kulkas

Sebaliknya, mendinginkan makanan tertentu pada suhu yang terlalu rendah atau di bawah 1 derajat celcius dapat menyebabkan makanan tersebut membeku atau setidaknya, kehilangan rasanya.

Jika kontrol kulkas Anda tidak menunjukkan suhu sebenarnya, FDA merekomendasikan untuk membeli termometer, sehingga Anda dapat memantau dengan tepat seberapa dingin kulkas Anda sebenarnya.

3. Menyimpan susu tidak benar

Meskipun tampaknya kulkas dirancang untuk menyimpan produk susu di bagian pintu, menyimpannya di sana tidak akan membantu mengawetkannya.

Bagian pintu kulkas sebenarnya adalah bagian terhangat dari kulkas, karena terjauh dari kipas angin dingin di bagian belakang atas, jadi apa pun yang disimpan di sana pasti lebih cepat rusak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com