Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2021, 12:37 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski kulkas menjadi barang elektronik yang paling diandalkan di rumah, cara meletakkan makanan di dalamnya kurang diperhatikan.

Padahal, hal ini menjadi indikator penting yang mempengaruhi daya tahan makanan. 

Baca juga: Mudah, Ini Cara Membersihkan Karet Pintu Kulkas

Seperti dilansir dari Reader's Digest, Minggu (27/6/2021), ada beberapa makanan yang dapat merusak makanan lainnya dan menjadikan makanan tak tahan lama di dalam kulkas.

Karena itu, penting untuk menghindari meletakkan makanan di dalam kulkas secara sembarangan. Nah, berikut ini enam kesalahan meletakkan makanan di kulkas

Baca juga: 5 Bahaya Lupa Menutup Pintu Kulkas

Tanpa wadah penutup

Jika memasukkan makanan di wadah tanpa penutup, sebaiknya pindahkan dalam wadah yang memiliki tutup. Sebab, produk atau makanan akan mempertahankan rasa yang lebih baik bila  disimpan dalam wadah dengan penutup.

Selain itu, makanan dalam wadah yang tidak tertutup rapat akan menyebabkan pembusukan dan dapat memaparkan ke makanan lainnya yang masih segar. 

Baca juga: Cara Membuat Kulkas Bekerja Lebih Efisien Saat Suhu Panas

Menyimpan makanan di pintu kulkas 

Area pintu kulkas memiliki suhu yang tidak stabil karena sering dibuka tutup. Hal ini dapat berpengaruh pada makanan yang diletakkan di bagian tersebut.

Karena itu, ada beberapa produk tidak boleh disimpan di sana seperti produk susu, keju, dan telur karena dapat membuatnya cepat rusak.  

Baca juga: 3 Langkah Menghilangkan Goresan pada Kulkas Stainless Steel

Saus salad buatan sendiri 

Berbeda dengan saus salad yang disiapkan secara komersial, yang dapat disimpan selama satu hingga tiga bulan setelah dibuka, saus salad buatan sendiri atau yang dibeli segar dari restoran atau toko makanan jauh lebih mudah rusak.

Masa simpannya hanya dalam satu hingga dua minggu sehingga hindari terlalu lama menyimpannya di kulkas karena dapat menyebarkan aroma serta pembusukan ke makanan lainnya. 

Baca juga: Jangan Dilakukan, Ini 7 Kesalahan Menyimpan Sisa Makanan di Kulkas

Daging yang dimasak lebih dari tiga hari 

Sebagian besar bakteri berbahaya tidak dapat tumbuh pada suhu pendingin, tetapi organisme pembusuk bisa hidup. Aturan praktis adalah selalu melihatnya terlebih dahulu, lalu menciumnya, dan jika semuanya tampak baik-baik saja, Anda bisa mencicipinya.

Cara ini dapat mencegah Anda memakan sesuatu yang mungkin tidak enak karena dapat membuat beberapa orang sakit perut sehingga menghindari menyimpan ayam atau daging sapi yang telah dimasak lebih dari tiga hari. 

Baca juga: 5 Penyebab Kelembapan Berlebih pada Kulkas 

Baking soda yang diletakkan lebih dari sebulan 

Baking soda atau soda kue memiliki beragam kegunaan di rumah, salah satunya menghilangkan bau tak sedap di dalam kulkas.

Namun, baking soda atau soda kue yang terlalu lama diletakkan di dalam kulkas tidak baik sehingga singkirkan baking soda yang sudah memasuki 30 hari lebih. 

Baca juga: Ampas Kopi Lebih Ampuh Hilangkan Bau Kulkas daripada Baking Soda?

Kemangi segar dan rempah-rempah lainnya 

Kesalahan meletakkan makanan di kulkas selanjutnya adalah menyimpan kemangi segar dan rempah-rempah lainnya. 

Meski menyimpan ramuan harum ini dalam kantong plastik di kulkas tidak akan membuat Anda sakit saat mengonsumsinya, hal ini akan menyebabkan daun hijau yang cerah berubah menjadi hitam dan layu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com