Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Langkah Mendekorasi Rumah Menjadi Lebih Tenang dan Nyaman

Kompas.com - 16/06/2021, 11:01 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah seharusnya menjadi tempat yang nyaman dan tenang yang bisa dinikmati setelah seharian beraktivitas. Terlebih, setahun terakhir ini, masyarakat dituntut untuk mengerjakan semua hal di dalam rumah.

Untuk itu, kenyamanan merupakan nomor satu yang harus dimiliki di dalam rumah. Ada banyak faktor yang dapat memberikan kenyamanan di dalam rumah, mulai dari pemilihan warna, furnitur, pencahayaan, dan sebagainya. 

Dilansir dari Decortips, Rabu (16/6/2021), di sisi lain, penting untuk memprioritaskan jenis bahan yang dipilih untuk furnitur dan elemen dekorasi lainnya di dalam ruangan.

Baca juga: 5 Tips Dekorasi Ruang Kerja untuk Meningkatkan Produktivitas

Seperti yang diketahui, jika memilih bahan alami secara positif dapat memengaruhi lingkungan dan menciptakan ruang yang lebih hidup, hangat, dan organik.

Berikut adalah beberapa kunci untuk membantu rumah Anda menghirup energi positif dan menciptakan suasana yang baik.

1. Warna

Jika Anda menginginkan lingkungan yang cerah dan tenang, warna-warna alami adalah yang Anda butuhkan. Pikirkan putih, warna tanah, krem, dan warna natural lainnya dapat dipilih untuk menghiasi setiap ruang di dalam rumah.

Anda dapat menggunakan jenis warna ini sebagai dasar dan menambahkan warna lainnya yang lebih terang atau bahkan lembut seperti hijau yang memiliki hubungan dengan alam.

Baca juga: 10 Ide Mewujudkan Dekorasi Kamar Tidur Bertema Modern Minimalis

2. Bahan material

Bagian dari harmoni adalah pencarian keseimbangan dan ini harus tercermin dalam bahan yang Anda pilih.

Misalnya, Anda dapat menggunakan kayu, tetapi gunakan sentuhan akhir yang berbeda untuk memberi lebih banyak kepribadian pada lingkungan Anda, yakni bisa memilih furnitur simpel dan lantai kayu.

3. Pencahayaan

Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengisi rumah Anda dengan energi positif selain dengan mengisinya dengan cahaya alami di siang hari. Gunakan tirai yang tidak terlalu tebal di jendela sehingga memungkinkan sinar matahari masuk.

Hindari menggunakan tirai berwarna cerah, karena ketika siang hari, tidak akan mampu menahan jumlah cahaya yang masuk terlalu banyak dan menyebabkan ketidaknyamanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com