Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Benda di Toilet yang Harus Diganti Secara Berkala

Kompas.com - 03/05/2021, 15:54 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan alat elektronik, perlengkapan pembersihan dan benda di rumah, khususnya di toilet, memiliki jangka waktu lebih cepat dalam hal pergantian. Mungkin hal ini mengejutkan jika ada sejumlah benda yang digunakan serta diandalkan untuk pembersihan setiap hari harus diganti sesering mungkin.

Dilansir dari Marthastewart, Senin (3/5/21), faktanya adalah kebutuhan sehari-hari, terutama yang diandalkan untuk kegiatan membersihkan rumah, akan lebih cepat kotor. Misalnya, sikat gigi yang bulunya tidak lagi dapat membersihkan gigi secara efektif atau filter udara yang telah mengumpulkan terlalu banyak debu untuk menangkap kotoran tidak akan bekerja secara efektif. 

Baca juga: Cara Terbaik Membersihkan Benda Berbahan Suede

Akibatnya, benda itu harus diganti secara berkala untuk kinerja mekanis yang optimal serta mencegah disfungsionalitas dan menghilangkan penumpukan kotoran atau kuman. Lalu, apa saja ya bendanya? Berikut ini empat benda di toilet yang harus diganti secara berkala. 

Sikat Gigi 

Sikat gigi yang efektif adalah sikat yang bulunya masih kuat saat disentuh dan digunakan. Sebagian besar sikat gigi juga dilengkapi dengan indikator warna yang terletak di bulu sikat. Bila warna memudar atau hilang sama sekali, itu pertanda sudah waktunya mengganti sikat gigi baru.  

Baca juga: Seperti Makanan, 9 Benda di Rumah Ini Ternyata Punya Masa Kedaluwarsa 

Tirai Kamar Mandi 

Bintik-bintik hitam di bagian bawah tirai kamar mandi pertanda sudah waktunya menggantinya dengan yang baru. Kondisi tirai yang demikian dapat membuat Anda berisiko menghirup spora jamur, yang dapat memperburuk alergi atau masalah pernapasan.  

Baca juga: 9 Area dan Benda di Rumah yang Sering Luput dari Pembersihan

Shower Puff 

Shower puff yang digunakan untuk membersihkan tubuh sendiri sebenarnya tidak begitu bersih. Ia dapat mengakumulasi puing-puing seluler dari sel epitel yang terkelupas, yang merupakan bahan makanan untuk pertumbuhan bakteri.

Untuk menghindarinya, Anda harus mencucinya setelah digunakan dan ganti setiap enam bulan sekali. 

Baca juga: Feng Shui: Letakkan 6 Benda Ini di Rumah untuk Mendatangkan Kesehatan

Sikat Toilet

Selama sikat secara berkala dibersihkan untuk mencegah kontaminasi silang, sikat toilet dapat dengan mudah bertahan selama satu tahun atau lebih. Namun, segera ganti jika sudah terlihat rusak dan kehilangan fungsinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com