Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Area dan Benda di Rumah yang Sering Luput dari Pembersihan

Kompas.com - 26/04/2021, 11:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah Anda mengikuti rutinitas otomatis yang sama saat membersihkan rumah, yakni menyapu, menyedot debu, mengepel, mencuci piring, dan mencuci pakaian?

Perlu diingat, ada banyak tempat dan benda di rumah yang barangkali tidak terpikirkan oleh kita saat membersihkan rumah. Seringkali, tempat dan benda tersebut kotor karena sering digunakan atau tidak pernah terjangkau pembersihan.

Nah, apa saja benda dan area di rumah yang sering luput dari pembersihan? Dilansir dari Homes to Love, Senin (26/4/2021), berikut daftarnya.

Baca juga: Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi dengan Lemon, Cuka, dan Soda Kue

1. Belakang kloset

Membersihkan kloset adalah hal yang mudah, tetapi bagaimana dengan di sekitar dan di belakangnya? Seringkali sulit dijangkau, bagian belakang dan samping toilet tidak hanya menumpuk debu dan kotoran, tetapi juga bakteri berbahaya.

Kenakan sarung tangan karet dan gosok dengan baik dengan disinfektan dan air panas.

2. Di dalam sofa

Remah-remah, sampah, bulu hewan peliharaan, dan mungkin beberapa koin hanyalah beberapa hal yang akan Anda temukan jika berani melepas bantal sofa Anda.

Kemudian, sedot debu sofa dengan vacuum cleaner setidaknya sebulan sekali. Cuci penutup atau pelapis sofa untuk memberikan kesegaran pada area ruang tamu atau ruang keluarga.

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Sikat Gigi yang Benar

3. Remote TV

Dipakai setiap hari, remote TV sering kali diabaikan dalam hal pembersihan rumah. Tisu antibakteri serbaguna sangat bagus untuk digunakan untuk pekerjaan yang cepat dan mudah seperti membersihkan remote TV Anda.

4. Gagang pintu dan saklar lampu

Seperti remote TV, kedua benda ini adalah hal yang kita pegang setiap hari di rumah. Bersihkan dengan lap setidaknya sekali seminggu untuk mencegah penumpukan bakteri, terutama di dapur dan kamar mandi.

5. Tirai

Tirai mengumpulkan debu dan jamur seperti bagian rumah Anda lainnya. Tergantung pada bahannya, tirai kain dapat dicuci dengan mesin atau dicuci kering.

Roller, tirai vertikal dan venetian dapat dilap dengan kain lembab. Untuk noda membandel, gosok perlahan dengan sikat gigi bekas dan deterjen.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com