Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Solusi untuk Menciptakan Lebih Banyak Ruang pada Hunian

Kompas.com - 29/04/2021, 10:39 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Kamu mungkin sedang ingin menambahkan ruang pada hunian untuk kebutuhan tertentu, misalnya, kamar anak, studio, ataupun kamar mandi ekstra. Keinginan menambah ruang sebenarnya bisa diwujudkan dengan terlebih dahulu mengetahui apa yang harus dilakukan.

Untuk kamu yang ingin menambah ruang pada hunian, berikut adalah empat solusi menciptakan ruang tambahan seperti dilansir dari The Garden Granny, Kamis (29/4/2021).

1. Denah lantai

Denah lantai akan membantumu melihat di mana letak ruang yang masih kosong di rumah dan menggunakannya dengan lebih efektif. Cukup petakan tata letak furnitur saat ini dan lihat seperti apa tampilannya di atas kertas.

Baca juga: Cara Memilih Warna Cat Interior dan Eksterior Rumah yang Tepat

Apakah kamu memperhatikan hal-hal di lorong, atau ruang kosong yang bisa diubah menjadi ruang penyimpanan?

Pastikan untuk mencatat ini untuk renovasi kecil di masa depan yang tidak akan memakan banyak biaya. Misalnya, saat kamu ingin melebarkan teras rumah agar lebih cantik dan membuat rumah tampak lebih luas.

2. Furnitur serbaguna

Pilihlah furnitur serbaguna untuk menghemat biaya. Kamu bisa membeli tempat tidur yang berfungsi ganda sebagai sofa, meja makan yang dapat dilipat menjadi meja samping sederhana, kursi yang dapat dilipat menjadi rak, dan sebagainya.

Furnitur serbaguna akan menghemat ruang dan uang.

Baca juga: Warna Cat Terburuk untuk Dinding Interior Rumah, Menurut Ahli

3. Ubah garasi

Garasi bisa kamu gunakan untuk menambahkan ruang namun tetap hemat biaya. Karena, kamu tidak perlu anggaran dan waktu untuk merenovasi.

Kamu hanya memerlukan renovasi kecil karena memanfaatkan bagian rumah yang tak digunakan. Kamu juga masih bisa menggunakan garasi sebagai ruang penyimpanan tambahan saat diperlukan.

4. Ubah loteng

Mengubah loteng adalah salah satu cara terbaik untuk menambahkan lebih banyak ruang dan lebih banyak nilai pada hunian. Konversi loteng memastikan loteng bukan hanya tempat pembuangan untuk menyimpan hal-hal yang tidak perlu dan berantakan.

Kamu bisa menggunakan loteng sebagai kamar tidur tambahan, studio, dan bahkan area hiburan. Adanya loteng yang sudah rapi dan bisa difungsikan sebagai kamar juga akan menaikkan harga propertimu, lho!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com