Kompas.com - 23/04/2021, 10:43 WIB
Ilustrasi kamar dengan warna dinding biru. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EUIlustrasi kamar dengan warna dinding biru.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika kamu harus mengecat sendiri interior dan eksterior rumahmu, ini pasti menjadi tugas yang menakutkan, tetapi hal tersebut bisa dilakukan oleh tukang profesional.

Jadi, tugas yang lebih menantang bagi pemilik rumah adalah memilih warna cat untuk mereka apalikasikan ke dinding rumahnya, dan ini tidak bisa diwakilkan.

Karena begitu banyak pilihan, menghasilkan warna cat terbaik untuk digunakan di dalam dan luar rumahmu adalah tantangan besar.

Baca juga: 5 Pilihan Warna Cat Rumah untuk Meredakan Stres

Perlu diingat bahwa cara memilih warna cat eksterior rumah itu berbeda dengan cara memilih warna interior rumah, jadi kamu jangan abaikan hal ini.

Untuk membantumu memilih warna cat yang tepat untuk interior dan eksterior rumahmu, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan, dilansir dari beberapa sumber, Jumat (23/4/2021).

Warna cat harus sesuai dengan furnitur

Pilihan warna cat interior harus sesuai dengan furniturmu. Ini dapat bervariasi untuk setiap kamar karena ada perabotan yang berbeda di setiap kamar.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Warna-warna tersebut harus tampil serasi dengan hal-hal yang terdapat pada ruangan tertentu.

Baca juga: 5 Warna Cat Ini Membuat Rumah Semakin Menarik

Pilih suasananya

Warna akan menentukan suasana ruangan. Jika kamu ingin bersantai, pilih warna redup atau terang.

Jika kamu ingin ruangan diisi dengan energi, warna-warna cerah bisa digunakan.
Warna-warna tersebut dapat mengatur mood yang ingin kamu capai di setiap ruangan rumahmu.

Pertimbangkan ruangnya

Pilihan warna cat bisa memberi efek pada ruang ruangan. Jika kamu ingin ruangan terlihat lebih luas atau lebih lapang, yang terbaik adalah menggunakan warna-warna terang dan pastel.

Untuk ruangan dengan ruangan besar, cat berwarna gelap akan memberikan kehangatan padanya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X