Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Pintu Kecil di Bagian Bawah Mesin Cuci Bukaan Depan, Apa Itu?

Kompas.com - 23/04/2021, 14:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bila Anda memiliki mesin cuci bukaan depan, pernahkah memperhatikan ada semacam pintu kecil di sudut bawah? Penasaran apa pintu kecil itu dan fungsinya?

Dikutip dari Better Homes & Gardens Australia, Jumat (23/4/2021), sebenarnya, itu adalah pintu ke wadah pembuangan.

Jadi di sinilah semua barang kecil seperti kancing dan koin tertampung ketika menghilang secara misterius selama siklus pencucian.

Baca juga: Arti Ukuran Kilogram dan Kapasitas pada Mesin Cuci

Wadah pembuangan ini menangkap barang-barang yang lepas sebelum memasuki saluran pembuangan utama, yang dapat menyebabkan masalah drainase yang besar.

Jika panel mesin cuci bukaan depan Anda menunjukkan ada masalah drainase atau Anda melihat ada benda seperti kancing yang hilang dari pakaian Anda, bacalah manual tentang cara mengakses wadah pembuangan.

Sebab, Anda mungkin dapat membersihkannya sendiri dan menemukan kancing atau uang logam yang hilang itu.

Dalam hal potensi masalah drainase, Anda bisa mengatasinya sendiri. Ingatlah untuk mempersenjatai diri dengan handuk dan wadah untuk menampung air berlebih yang mungkin bocor dari saluran pembuangan saat Anda mengaksesnya.

Baca juga: Mana Lebih Baik, Mesin Cuci Bukaan Depan atau Mesin Cuci Bukaan Atas?

Beberapa pintu wadah pembuangan dapat dibuka dengan sedikit tenaga, namun yang lain mungkin memerlukan obeng pipih untuk membukanya.

Jika Anda kehilangan manual pabrikan, cari secara online karena mungkin tersedia. Jika tidak, hubungi pabrikan dan tanyakan apakah manual tersedia di situs web mereka atau untuk instruksi tentang cara mengakses keran pembuangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com