Kompas.com - 20/04/2021, 04:00 WIB
Ilustrasi mesin cuci, mesin cuci bukaan depan. PEXELS/RODNAE PRODUCTIONSIlustrasi mesin cuci, mesin cuci bukaan depan.

JAKARTA, KOMPAS.com — Mesin cuci adalah alat elektronik yang bisa meringankan pekerjaan rumah tangga. Beragam jenis mesin cuci beredar di pasaran, mulai dari mesin cuci mini, mesin cuci dua tabung, mesin cuci bukaan depan, dan mesin cuci bukaan atas

Namun dua jenis mesin cuci yakni, mesin cuci bukaan depan dan mesin cuci bukaan atas, yang sering kali membuat bingung calon konsumennya.

Pasalnya, kedua mesin cuci ini sama-sama menawarkan sistem otomatis yang semakin mempermudah proses pencucian.

Baca juga: 3 Cara Mudah Membersihkan Mesin Cuci Secara Berkala

Untuk kamu yang masih bingung, berikut penjelasan tentang mana yang lebih baik, mesin cuci top loading, atau front loading yang dilansir dari Roohome, Selasa (20/4/2021).

Mesin cuci top loading, atau mesin cuci bukaan atas memiliki ruang muatan vertikal. Ini adalah jenis mesin cuci konvensional yang sering digunakan oleh rumah tangga. Sementara itu, mesin cuci front loading biasa terlihat di toko laundry komersial.

Mekanisme mesin cuci bukaan depan atau vertikal sangat kompatibel dan nyaman di tempat laundry koin, atau laundry kiloan.

Hal ini memungkinkan staf atau klien untuk dengan mudah memuat dan mengambil pakaian, linen, atau jenis pakaian mereka di mesin cuci atau pengering cucian di binatu. Jika kenyamanan menginginkan kenyamanan seperti ini di rumah, kamu bisa memilih mesin cuci bukaan depan. 

Baca juga: 8 Kesalahan yang Mungkin Kamu Lakukan dengan Mesin Cuci

Yang lebih ramah pengguna

Dalam hal aplikasi, sebenarnya mesin cuci bukaan depan konvensional mudah digunakan. Kamu mungkin sudah terbiasa dengan tombol yang simpel dan mudah diperasikan.

Selain itu, mesin cuci bukaan atas sangat cocok untuk kamu yang memiliki masalah sendi karena, tidak seperti mesin cuci bukaan depan, kamu tidak perlu membungkuk untuk memasukkan atau mengambil pakaian dari mesi cuci.

Kelebihan lain dari mesin cuci bukaan atas adalah dari segi ramah pengguna adalah, kamu masih bisa menambahkan pakaian di tengah proses pencucian. Mengapa? Karena sifat desainnya yang sederhana.

Selain itu, mesin cuci bukaan atas mendistribusikan kondisioner kain dan mengumpulkan saluran jauh lebih baik daripada mesin cuci bukaan depan. 

Halaman:


Sumber Roohome
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X