Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Sederhana yang Bisa Bikin Ruang Tamu Kecil Tampak Lebih Luas

Kompas.com - 21/04/2021, 11:57 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Roohome

JAKARTA, KOMPAS.com — Memiliki ruang tamu yang sempit bukan berarti kamu tidak bisa membuatnya tampak nyaman. Ruang tamu terbatas bisa ditata dengan apik untuk menghasilkan ruang tamu yang tampak luas sehingga tidak membuatmu merasa sesak.

Ruang tamu atau ruang keluarga seringkali digunakan untuk tempat bersantai bersama penghuni rumah lainnya. Tempat ini juga sering kamu gunakan untuk mengobrol dengan tamu atau keluarga lain yang berkunjung.

Untuk membuat ruang tamu tampak luas dan menjadikan siapapun yang berkunjung merasa betah, berikut tips sederhana yang dilansir dari Roohome, Selasa (21/4/2021), yang mungkin bisa kamu terapkan di rumah.

Baca juga: 5 Ide Menata Meja Kopi di Ruang Tamu

1. Jendela besar

Hal sederhana pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuat ruang tamu yang sempit terlihat lebih besar adalah dengan mengaplikasikan jendela besar pada rumah. Sebuah ruangan kecil membutuhkan lebih banyak cahaya.

Menggunakan cahaya alami adalah pilihan yang tepat. Cahaya alami akan membuat ruangan kecil milikmu menjadi terasa tidak pengap dan membuat suasana terasa hangat dan nyaman.

2. Tambahkan karpet

Karpet akan membuat ruang tamu kecil terlihat lebih besar, karena permadani akan memberikan ilustrasi bagi orang-orang yang melihatnya. Selain itu karpet juga akan membuat tampilan ruang keluarga menjadi lebih menarik.

Usahakan untuk memilih karpet yang empuk agar merasa nyaman saat menginjaknya.

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Memilih Karpet untuk Kamar Bayi

3. Gantung cermin di dinding

Hal sederhana berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah menggantungkan cermin di dinding ruang tamu. Cermin akan memantulkan bayangan dan membuat ruangan tampak lebih besar.

Selain itu, cermin juga bisa memantulkan sinar matahari yang masuk dan membuat ruang keluarga kecil terlihat lebih terang dan tidak pengap.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com