Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Alasan Kamu Perlu Steamer untuk Merapikan dan Melicinkan Pakaian

Kompas.com - 08/04/2021, 11:19 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk urusan merapikan dan melicinkan pakaian sehabis dicuci dan dijemur, umumnya itu menggunakan bantuan sebuah setrika atau gosokan, baik setrika biasa atau setrika uap.

Namun, seiring perkembangan teknologi yang makin memudahkan kehidupan manusia, perangkat elektronik untuk merapikan dan melicinkan pakaian yang kusut dan lecek tidak lagi hanya menggunakan setrika, tapi juga steamer.

Steamer merupakan alat uap pakaian vertikal yang dirancang untuk merapikan pakaian secara cepat hanya dengan menggantung pakaian, tanpa perlu memasang papan setrika.

Baca juga: 9 Tips Mencuci agar Pakaian Kesayangan Lebih Awet

Awalnya, alat elektronik ini dirancang untuk di kondisi darurat, di mana saat terburu-buru untuk melicinkan dan merapikan pakaian, itu tidak akan memakan waktu lama.

Jika kamu perlu menghilangkan kusut pada pakaian di saat darurat, kamu hanya perlu menyalakan steamer dan tempelkan ke pakaianmu yang digantung. Pakaian pun jadi licin dan bebas kusut.

Namun, saat ini penggunaan steamer juga bisa menggantikan peran setrika saat seseorang melakukan kegiatan menyetrika atau merapikan dan melicinkan kembali pakaian.

Baik kamu menginginkan gaun atau kemeja yang tampak menarik untuk kamu kenakan, atau kamu tidak ingin mengeluarkan meja setrika setiap kali ingin merapikan pakaian, steamer dapat menjadi alat bantu yang hebat untuk perawatan pakaianmu.

Baca juga: Pakaian Bau Setelah Dicuci dengan Mesin Cuci? Penyebab dan Solusinya

Terkait dengan steamer, berikut ini ada beberapa alasan mengapa kamu perlu menggunakan steamer untuk merapikan dan melicinkan pakaian, dilansir dari beberapa sumber, Kamis (8/4/2021).

1. Steamer pakaian lebih cepat dan efisien

Ini mungkin situasi yang familiar, kamu harus bergegas di pagi hari untuk bersiap-siap dan kamu harus menghilangkan kerutan dari kemeja, blus, gaun, atau celana panjangmu.

Ketika kamu merapikan pakaianmu dengan setrika, itu sangat memakan waktu yang cukup lama dari yang diharapkan, sekaligus menguras tenaga.

Merapikan pakaian dengan setrika membuatmu perlu mengeluarkan meja setrika dan menyiapkannya, lalu mencolokkan setrika, menunggu setrika hingga panas, merentangkan pakaian, lalu mulai menyetrika dari bagian demi bagian pakaian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com