Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Menjaga Tanaman di Rumah Tetap Hidup Saat Kamu Harus Pergi

Kompas.com - 06/04/2021, 12:01 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat kamu harus bepergian dalam waktu yang lama, dan tidak ada seseorang yang berada di rumah, maka tanaman hias yang kamu miliki tidak bisa diabaikan begitu saja.

Saat kamu berencana pergi, kamu perlu mengatur tanaman hiasmu dan merencanakannya dengan benar agar tetap segar dan sehat.

Umumnya harus ada orang yang bisa merawat dan menyirami tanaman hiasmu secara teratur. Namun terkadang kamu mungkin merasa kesulitan untuk mengatur seseorang yang akan melakukannya.

Baca juga: Tips Memilih Tanaman Hias yang Tepat Sebelum Membeli

Dalam hal ini, kamu harus membuat pengaturan sendiri untuk melindungi tanaman hias yang susah payah kamu rawat.

Oleh karena itu, ada tips tertentu yang akan membantumu menjaga tanamanmu tetap aman saat kamu pergi. Cara ini akan menjaga taman tanaman hias milikmu tetap terlihat seperti apa adanya tanpa ada yang rusak.

Dilansir dari beberapa sumber, Selasa (6/4/2021), berikut ini tips merawat tanaman hias milikmu di rumah saat kamu harus pergi.

1. Biarkan saja untuk tanaman sukulen

Ilustrasi tanaman lidah mertua di dalam ruangan.SHUTTERSTOCK/AQUARIUS STUDIO Ilustrasi tanaman lidah mertua di dalam ruangan.

Jika kamu memiliki tanaman sukulen seperti lidah buaya, lidah mertua, echeveria, tanaman giok, dan lain sebagainya, maka tinggalkan saja tanaman tersebut di tempatnya.

Baca juga: Simak, Tanaman Hias yang Dapat Meredakan Alergi di Dalam Rumah

Tanaman sukulen dapat bertahan hidup selama dua minggu atau bahkan lebih tanpa air, jadi kamu tidak perlu mengkhawatirkan mereka. Sirami saja sebelum kamu pergi dan itu sudah cukup.

2. Masukkan ke dalam bak mandi kecil atau ember

Jika kamu memiliki banyak tanaman di rumahmu, masukkan ke dalam bak mandi kecil atau ember dan isi dengan 1 hingga 2 inci air.

Metode ini akan bekerja dengan baik jika kamu melakukannya selama seminggu atau 10 hari.

3. Tingkatkan kelembaban

Tanaman lebih menyukai suhu antara 13 hingga 26 derajat celcius. Jadi, jika udara dalam ruanganmu sangat kering, maka letakkan tanamanmu di nampan kerikil dan isi dengan air untuk meningkatkan tingkat kelembaban. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com