Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/03/2021, 16:36 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat usia tanaman cabai yang kamu miliki sudah mulai menua, hal itu biasanya membuat pertumbuhannya melambat, yang mengakibatkan produktivitas buah cabai menurun atau tidak berproduksi maksimal.

Saat tanaman cabai masuki usia tua, salah satu cara agar mereka bisa kembali produktif dan berbuah banyak adalah dengan melakukan peremajaan.

Peremajaan tanaman cabai adalah sebuah cara yang dilakukan agar tanaman cabai yang sudah tua bisa tumbuh dan berbuah kembali tanpa harus mengolah media tanamnya dari awal yang memakan waktu.

Baca juga: Tanaman Cabai Tidak Berbuah? Ini Penyebabnya

Dilihat dari kanal Youtube Rumah Petani TV, Senin (29/3/2021), terdapat sebuah cara untuk peremajaan tanaman cabai agar tumbuh subur kembali.

Kondisi tanaman cabai yang sudah tua dan berkali-kali panen biasanya sudah gersang atau pertumbuhannya tidak maksimal seperti awal penanaman.

Disebutkan bahwa fungsi peremajaan pada tanaman cabai antara lain untuk merangsang pertumbuhan tunas-tunas baru yang nantinya akan berbunga kembali.

Untuk peremajaan tanaman cabai, kamu bisa menggunakan pupuk urea, yang fungsinya untuk merangsang pertumbuhan agar daun tanaman cabai kembali hijau serta memunculkan tunas-tunas baru.

Baca juga: Hama dan Penyakit yang Sering Menyerang Cabai dan Cara Mengatasinya

Pupuk urea ini hanya perlu kamu larutkan dengan air, selanjutnya tinggal kamu siramkan ke media tanam tanaman cabai.

Cara pembuatan larutan pupuk urea untuk peremajaan tanaman cabai

1. Untuk membuat larutan pupuk urea, di sini kamu hanya perlu menggunakan dosis yang rendah, yakni cukup 1,5 sendok makan pupuk urea yang dicampurkan ke dalam air sebanyak 8 liter.

Aduk air yang telah diberi pupuk urea sampai larut merata dan tidak menghasilkan sisa-sisa pupuk urea.

2. Setelah selesai, kamu bisa langsung menyiramkan air larutan pupuk urea ke tanaman cabainya. Siramkan ke media tanam tanamn cabai.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com