Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/03/2021, 12:19 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perut kembung adalah satu dari sekian masalah kesehatan atau penyakit yang bisa dialami oleh ikan cupang, sehingga ikan cupang milikmu berisiko mengalaminya.

Terlalu banyak makan, sembelit, pakan ikan cupang yang kurang steril dan mengandung bakteri adalah sebagian hal yang menyebabkan perut ikan cupang kembung.

Ketika ikan cupang milikmu mengalami perut kembung, kamu harus segera bertindak untuk mengatasi dan mengobatinya, agar tidak berdampak lebih buruk.

Baca juga: 7 Hal yang Bisa Menyebabkan Perut Ikan Cupang Kembung

Jika kamu bingung bagaimana cara mengatasi ikan cupang yang mengalami perut kembung, ada beberapa hal sederhana yang perlu kamu praktikkan, seperti yang dilihat dari channel Youtube Ikan Cupang Channel, Sabtu (27/3/2021).

1. Segera pindahkan ikan cupang ke akuarium khusus

Ketika kamu melihat ikan cupangmu perutnya tampak kembung menonjol, kamu harus segera memindahkannya ke akuarium khusus untuk mengarantinakan.

2. Gunakan air bersih yang diendapkan

Pada akuarium khusus untuk ikan cupang yang perutnya kembung, kamu perlu menggunakan air bersih yang benar-benar steril dan sudah diendapkan. Pastikan air ikan cupang tidak terlalu tinggi. 

Baca juga: Tips Menciptakan Lingkungan Hidup untuk Ikan Cupang agar Panjang Umur

Hal tersebut berfungsi agar ikan cupang yang mengalami perut kembung tidak berada terlalu tinggi saat mengapung, sehingga tidak kesulitan untuk ke dasar air.

3. Masukkan daun ketapang ke dalam akuarium

Selanjutnya masukkan daun ketapang yang sudah benar-benar kering ke dalam air di akuarium khusus. Diamkan ikan cupang sampai dia bisa mengeluarkan kotorannya.

4. Puasakan atau jangan beri makan ikan

Puasakan atau jangan beri makan ikan cupang milikmu yang mengalami perut kembung selama 1 hari lebih, itu berguna agar pencernaanya fokus mengeluarkan kotoran di perut ikan cupang.

Apabila ikan cupangmu sudah bisa buang kotoran, perutnya otomatis mengecil lagi dan mereka akan lekas pulih dan normal kembali.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com