Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips untuk Membuat Lemari Laminasi Milikmu Jadi Tahan Lebih Lama

Kompas.com - 26/03/2021, 18:50 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Renonation

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari efektivitas biaya hingga daya tahan dan daya tarik perawatan yang rendah, lapisan akhir laminasi adalah standar untuk lemari dapur, meja dapur, lemari pakaian, dan potongan dekorasi interior.

Laminasi tersedia dalam berbagai warna dengan sentuhan kontras yang dramatis. Meskipun laminasi menunjukkan ketahanan terhadap keausan, namun tetap berisiko rusak.

Untuk memastikan lemari laminasi yang kamu miliki tetap dalam kondisi baik, berikut beberapa tips yang praktis dan mudah dilakukan, dilansir dari Renonation, Jumat (26/3/2021).

Baca juga: 7 Tips Memanfaatkan Ruang Dapur agar Lebih Maksimal

1. Cat lemari

Ini metode cepat dan sederhana untuk menjaga lemari yang kamu miliki tetap aman untuk waktu yang lama, atau untuk memberikan laminasi lamamu tampilan yang unik dan modern.

Kamu juga bisa menggunakan pernis bening atau lapisan transparan untuk diaplikasikan pada lemari jika mengecat lemari laminasi bukan gayamu.

Cat menjauhkan debu dari lemari dan juga menciptakan lapisan pada lemari yang menyelamatkannya dari perubahan atmosfer dan lingkungan seperti kelembaban, cuaca kering, dan lain-lain.

Bagian terbaiknya adalah mengecat lemari laminasi yang kamu punya adalah cara yang murah untuk membuatnya bertahan lama.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Meja Dapur Tetap Bersih

2. Bersihkan secara teratur

Lemari dapur sering kali memiliki lapisan minyak, kotoran, dan cipratan makanan yang tidak hanya terlihat tidak menyenangkan, tetapi juga dapat merusak jika dibiarkan.

Jika noda minyak dibiarkan terlalu lama, noda tersebut bisa membandel dan perlu gosok, dan itu tidak akan baik untuk furnitur yang dilaminasi.

Untungnya, permukaan laminasi mudah dibersihkan dan hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk dibersihkan jika dibersihkan secara teratur.

Yang kamu butuhkan hanyalah larutan air hangat dari sabun pencuci piring atau pembersih serbaguna sederhana dengan spons. Hindari menggosok permukaan dengan bahan yang keras karena mudah tergores.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com