Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/03/2021, 20:20 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Roohome

JAKARTA, KOMPAS.com — Hama seperti, kecoak, lalat, semut hingga tikus harus kita jauhkan dari dapur. Karena dapur adalah tempat dimana kita akan mengolah makanan untuk semua anggota keluarga.

Sedangkan hama bisa mengontaminasi makanan dan membuatnya menjadi sesuatu yang tidak sehat bagi keluarga. Karena, hama bisa saja membawa virus dan penyakit yang mungkin bisa menjangkiti keluarga.

Untuk itulah, kita harus menjaga agar dapur tak menjadi tempat bersarangnya hama. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga dapur bebas hama, seperti dilansir dari Roohome, Jumat (5/3/2021).

Baca juga: Hama Kecil Ini Dapat Merusak Tanaman

1. Cuci piring secara teratur

Jika ada satu hal yang tidak disukai hama, itu adalah dapur yang bersih. Salah satu langkah untuk memiliki dapur yang bersih adalah dengan mencuci piring secara teratur.

Jika serangga dan hewan pengerat tertarik pada makanan, mereka tentu menyukai wastaferl cuci piring dengan sisa makanan dan piring kotor yang menumpuk di dalamnya.

Meskipun mencuci piring setelah makan memang terkesan merepotkan, hal ini haris dilakukan untuk mencegah kecoak menyerang dapur. Lagipula mencuci piring setelah makan akan meringankan pekerjaanmu, karena piring kotor tidak menumpuk.

2. Tutupi tempat sampah

Cara yang umum untuk menyimpan tempat sampah adalah di bawah wastafel, dan meskipun ini mungkin memberi dapur tampilan yang lebih estetis dan menjauhkan hewan peliharaan dari sana, langkah ini tidak membuat hama menjauh.

Baca juga: Basmi Hama Ulat pada Tanaman dengan Sabun Cair dan Minyak Goreng

Cara terbaik untuk menghindari hama adalah dengan menutup rapat sampah dapur, agar lalat, semut, kecoak hingga tikus tidak bisa mencari makanan di sana.

3. Simpan makanan di wadah kedap udara

Beberapa serangga bahkan bisa merusak plastik atau kardus makananmu. Untuk itu demi menjaga agar makanan tidak dihinggapi atau dimakan hama, ada baiknya kamu menyimpan makananmu dalam wadah kedap udara.

Beberapa wadah yang bisa menjadi pilihan, diantaranya:
- Tas dengan kunci ritsleting
- Toples kaca
- Wadah plastik dengan tutup rapat

Bahan makanan yang sebaiknya disimpan dalam wadah kedap udara adalah:
- Gula
- Tepung
- Gandum
- Sereal
- Keripik
- Kue
- Biji-bijian

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com