Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/03/2021, 16:16 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Stres adalah masalah yang memengaruhi lebih banyak orang, khususnya pada tahun 2020 lalu akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Karena kondisi ekonomi dan sosial yang terpengaruh pandemi virus corona, banyak orang mengalami stres dan depresi.

Jika Anda merasa sedikit stres dan mencari beberapa ide tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan perasaan tenang dan sejahtera di rumah, tanaman hias indoor atau tanaman hias dalam ruangan bisa menjadi pilihan.

Baca juga: Ternyata, Bunga Segar di Ruangan Bisa Perbaiki Mood dan Usir Stres

Pertimbangkan untuk menambah jumlah tanaman dalam ruangan, dan pikirkan berkebun sebagai kesempatan untuk menurunkan stres.

Dilansir dari Better Homes & Gardens Australia, Senin (1/3/2021), berikut beberapa tanaman hias indoor yang mampu menurunkan stres di rumah.

Ilustrasi tanaman mint. UNSPLASH/ELEANOR CHEN Ilustrasi tanaman mint.

1. Mint

Tidak hanya mint sebagai tambahan yang lezat untuk masakan, sebuah studi oleh Wheeling Jesuit University menemukan bahwa aroma mint dapat menurunkan perasaan frustrasi dan meningkatkan kesadaran.

2. Melati

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Biological Chemistry menemukan bahwa aroma melati bisa menyejukkan seperti Valium.

Baca juga: Simak, Cara Merawat Tanaman Bunga Melati di dalam Ruangan

3. Lidah buaya

Lidah buaya baik untuk mengobati luka bakar, gigitan serangga, melembabkan kulit Anda dan membersihkan udara dari karsinogen dan mengeluarkan oksigen di malam hari.

Anda dapat memiliki tanaman lidah buaya yang indah dan sehat yang Anda pelihara di dalam ruangan. Tanaman lidah buaya harus ditanam dalam campuran tanah yang dibuat untuk sukulen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com