Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Memilih Lukisan yang Pas untuk Ruang Tamu

Kompas.com - 23/02/2021, 20:31 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Pink Villa

JAKARTA, KOMPAS.com — Ruang tamu adalah sudut tempat tinggal di mana kita akan menyambut tamu kita, menghabiskan waktu luang kita, bersantai, bersenang-senang dengan keluarga.

Untuk itu, ruangan ini harus membuatmu nyaman dan merasa santai saat duduk di dalamnya.

Demi menciptakan hal tersebut, lukisan dinding yang elegan dan tepat bisa diletakkan di ruang ini agar siapapun yang berdiam di dalamnya merasakan ketenangan.

Baca juga: Punya Ruang Tamu Bentuk L? Dekorasi dengan Cara Ini

Namun membeli lukisan sebagai dekorasi rumah tamu rupanya tak bisa sembarangan. Kamu harus memilih yang terbaik dan bisa melengkapi dekorasi ruang tamumu yang sudah ada.

Yang terpenting, lukisan itu harus menunjukkan pilihan dan seleramu untuk desain interior. Jadi, jika kamu berpikir untuk membeli lukisan untuk menghiasi ruang tamu berikut adalah enam tips yang bisa menjadi pertimbanganmu seperti dilansir dari Pink villa, Selasa (23/2/2021).

1. Pilih yang sesuai dengan tema dekorasi ruangan

Seperti yang telah disebutkan, lukisan harus sesuai dengan tema dan gaya dekorasi rumahmu. Misalnya, jika hunianmu ditata dengan gaya vintage dengan dekorasi antik, maka pilihlah lukisan heritage atau lukisan dengan gaya tradisional.

2. Pilih yang bisa melengkapi warna tema ruangan

Ini tidak hanya harus cocok dengan dekorasi rumah, tetapi juga harus melengkapi warna rumah. Umumnya, ruang keluarga dicat dengan warna yang lebih hangat agar terlihat lebih ramah. Jadi, lukisan apa pun dengan warna yang lebih dalam atau lebih berani akan bagus untuk itu.

Baca juga: 7 Pilihan Warna Hangat untuk Ruang Tamu

3. Pilih juga bingkai lukisan yang sesuai

Bingkai lukisan harus cocok dengan dekorasi dan furnitur ruangan juga. Misalnya, jika lukisan bertema tradisional atau sejarah, maka lukisan tersebut harus memiliki bingkai kayu emas atau elegan. Namun seringkali, beberapa lukisan tidak perlu dibingkai seperti lukisan yang dibungkus galeri.

4. Tentukan ukuran lukisan

Ruang juga merupakan aspek penting lain yang perlu dijaga. Kamu harus memilih lukisan yang sesuai dengan ukuran ruang tamu dengan benar. Jangan memilih lukisan yang terlalu besar karena akan membuatnya terlihat aneh.

5. Perhatikan pencahayaan

Kamu juga perlu memperhatikan pencahayaan untuk memeriksa apakah itu menyatu dengan baik dengan lukisan dinding.

Misalnya, jika lukisan milikmu dari cat minyak, pilih pencahayaan yang lebih luas daripada lampu sorot yang intens. Ini akan membuat ruangan terlihat lebih menarik.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com