Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Menentukan Jumlah Tanaman di Dalam Ruangan

Kompas.com - 19/02/2021, 15:18 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman memiliki berbagai manfaat antara lain dapat meningkatkan kualitas udara, keteduhan, serta elemen dekorasi yang menarik.

Fakta bahwa tanaman memiliki efek positif pada lingkungan terdekatnya telah dibuktikan oleh penelitian ilmiah, tetapi tidak semua orang mengetahui jumlah pasti tanaman yang mereka butuhkan per ruangan untuk memaksimalkan efek tersebut.

Dilansir dari Better Homes & Garden, Jumat (19/2/2021), faktanya, dalam ruangan berukuran rata-rata empat kali lima meter, satu tanaman dapat membuat udara Anda 25 persen lebih bersih dan lima tanaman membuat udara hingga 75 persen lebih bersih.

Baca juga: Cara Memadukan Tanaman Hias Bunga di Dalam Ruangan

Angka ajaib untuk manfaat pemurnian dan kesejahteraan yang optimal adalah 10 tanaman dalam ruangan berukuran rata-rata empat kali lima meter.

Tergantung ukuran ruangan

Dalam ruangan berukuran rata-rata empat kali meter dibutuhkan satu tanaman akan memberikan sedikit kesehatan mental, kemudian lima tanaman akan memberikan 60 persen lebih banyak kesehatan mental, dan sepuluh tanaman akan memaksimalkan manfaat kesehatan.

Sementara itu, di ruangan ukuran tiga kali tiga meter, lima tanaman dalam ruangan dengan ukuran ini akan mencapai manfaat kesehatan.

Di ruangan besar berukuran delapan kali delapan meter dibutuhkan 16 tanaman yang dapat memberikan 75 persen udara bersih dan 60 persen kesehatan mental yang lebih baik. Untuk mencapai manfaat yang maksimal, letakkan 32 tanaman.

Baca juga: 7 Sayuran yang Mudah Ditanam di dalam Ruangan

Ukuran daun tanaman

Selain itu, ukuran tanaman juga terbukti penting untuk kemampuannya meningkatkan ruang Anda. Total luas daun dan ukuran bola akar harus dipertimbangkan dalam pemilihan Anda, jadi carilah daun yang lebih besar dan pot yang lebih besar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com