Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Akuarium

Kompas.com - 16/11/2020, 16:48 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkadang saat pertama kali ingin memelihara ikan, ada pengalaman salah memilih akuarium. Mulai dari salah ukuran, salah bentuk, hingga harga yang tidak sebanding dengan kualitas.

Padahal beberapa kasus tersebut patut dipertimbangkan agar mendapatkan akuarium yang paling cocok untuk jenis ikan yang akan dipelihara.

Lantas, bagaimana caranya untuk memilih akuarium untuk pertama kali? Dilansir dari The Spruce Pets, Senin (16/11/20), ada beberapa faktor yang harus diperhatikan saat ingin membeli akuarium untuk pertama kali.

Baca juga: Mau Pelihara Ikan Cupang? Ini Hal yang Harus Diketahui

1. Biaya

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli akuarium adalah biaya. Nah, untuk menentukan biaya tersebut, Anda bisa mulai membuat daftar perlengkapan serta peralatan yang ingin dibeli.

Mulai dari lampu, filter, kerikil, perlengkap pembersih, pasir, dan sebagainya. Survei terlebih dahulu dari internet lalu rincikan semua biaya yang harus dikeluarkan.

2. Ukuran

Poin ini merupakan hal terpenting sebelum memilih atau membeli akuarium. Sesuaikan dengan jenis ikan yang akan dipelihara.

Hindari tangki di bawah 10 galon (19 liter) air saat ingin memelihara ikan untuk pertama kali, sebab akuarium kecil jauh lebih sulit dikelola daripada yang besar.

Baca juga: Mau Pelihara Ikan Hias? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan

Racun dapat menumpuk dengan sanat cepat dalam volume air yang kecil. Selain itu, perubahan suhu dan perubahan kimiawi air juga dapat terjadi dengan sangat cepat apabila hanya ada beberapa air galon.

Meskipun beberapa akuarium ditawarkan dengan jumlah kecil, namun ada baiknya Anda menggunakan tangki 20 galon atau yang lebih besar, karena tangki yang lebih besar lebih mudah dirawat.

3. Pertimbangkan Berat

Akuarium yang memiliki kapasitas 15 galon akan memiliki berat lebih dari 200 pon saat di sini, sehinga harus ditempatkan di tempat yang aman, jangan di rak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com