Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-jenis Ikan Cupang yang Perlu Diketahui Sebelum Mengoleksi

Kompas.com - 05/11/2020, 19:08 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Selama masa pandemi, memelihara ikan merupakan salah satu cara untuk membunuh kebosannya karena tidak bisa bebas beraktivitas di luar rumah.

Salah satu ikan yang menjadi incaran untuk dipelihara adalah ikan cupang.

Dilansir dari National Geographic, Kamis (5/11/2020), ikan cupang termasuk hewan peliharaan yang mudah dirawat ketimbang banyak jenis ikan lainnya.

Baca juga: Mau Pelihara Ikan Hias? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan

Ikan cupang hanya membutuhkan lebih sedikit ruang daripada ikan lainnya serta ikan cupang memiliki daya tahan yang lebih kuat. Bahkan ikan ini tidak memerlukan alat sirkulasi udara (aerator) untuk hidup.

Selain itu, ikan cupang bisa ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit.

Ikan cupang memiliki organ labirin yang memungkinkan mereka menghirup udara dari permukaan, sehingga mereka dapat bertahan hidup di air dengan kadar okesige lebih rendah daripada jenis ikan lainnya.

Ikan cupang hidup di air tawar yang lebih mudah dirawat dan dipelihara daripada ikan laut.

Asal habitat ikan cupang dari beberapa Negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam.

Baca juga: Omzet Terpukul Pandemi, Pengusaha Minuman Ini Banting Setir Jual Ikan Cupang

Ikan ini memiliki bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya.

Ikan cupang terbagi menjadi tiga golongan yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar.

Foto dirilis Kamis (1/10/2020), memperlihatkan seekor ikan cupang jenis halfmoon berenang di aquarium milik peternak Tiano Morello di Bogor, Jawa Barat. Di tengah lesunya sejumlah penjualan selama pandemi Covid-19, ikan cupang (Betta sp.) justru muncul menjadi primadona seiring banyaknya peminat dan penjualan yang melonjak pesat.ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA Foto dirilis Kamis (1/10/2020), memperlihatkan seekor ikan cupang jenis halfmoon berenang di aquarium milik peternak Tiano Morello di Bogor, Jawa Barat. Di tengah lesunya sejumlah penjualan selama pandemi Covid-19, ikan cupang (Betta sp.) justru muncul menjadi primadona seiring banyaknya peminat dan penjualan yang melonjak pesat.

Di Indonesia terdapat spesies ikan cupang asli, salah satunya adalah Betta channoides yang ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur.

1. Ikan Cupang Hias

Seperti sebelumnya dijelaskan, ikan cupang memiliki jenis yang beragam. Salah satunya ikan cupang hias yang memiliki bentuk serta warna yang cantik, sebagai berikut.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com