Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Restoran Italia Tawarkan Sebotol Anggur Gratis pada Pelanggan yang Tak Main Ponsel

Kompas.com - 16/04/2024, 16:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber NDTV

ROMA, KOMPAS.com - Sebuah restoran Italia menawarkan sebotol anggur gratis kepada pelanggan yang melepaskan ponsel mereka saat makan.

Angelo Lella, pemilik Al Condominio, sebuah restoran yang dibuka di kota utara Verona pada bulan Maret, mengatakan tujuannya adalah untuk mendorong pengunjung mengobrol satu sama lain daripada terus-menerus melirik ponsel mereka.

“Kami ingin membuka restoran yang berbeda dari yang lain,” ujarnya. “Jadi kami memilih format ini. Pelanggan dapat memilih untuk meninggalkan teknologi sambil menikmati momen ramah bersama. Teknologi kini menjadi sebuah masalah, kita tidak perlu lagi melihat ponsel setiap lima detik, namun bagi banyak orang, teknologi bagaikan narkoba. Dengan cara ini mereka mempunyai kesempatan untuk mengesampingkan ponsel dan meminum anggur yang nikmat.

Baca juga: Pertemuan Kim Jong Un-Putin: Santap Siang Mewah, Minum Anggur dan Saling Memuji

Dilansir dari NDTV, pelanggan akan diberikan pilihan untuk menyimpan ponsel mereka, yang akan ditempatkan di dalam kotaknya sendiri, di bawah gembok, di pintu masuk.

Mereka kemudian menunjukkan kunci kepada pelayan, yang menyajikan sebotol anggur kepada mereka.

Pelanggan juga dapat menulis review makanan mereka, yang mereka tinggalkan di dalam kotak.

Mereka yang memberikan ulasan paling cemerlang akan ditawari makanan pada kunjungan berikutnya.

Tak perlu dikatakan lagi, dengan janji anggur gratis, restoran ini telah melakukan perdagangan besar-besaran di antara mereka yang bersedia ikut serta dalam detoksifikasi ponsel.

“Responnya sangat positif,” kata Lella. “Sembilan puluh persen pelanggan memilih untuk meninggalkan ponsel mereka untuk ditukar dengan wine. Sungguh hal yang indah melihat orang-orang memeluknya, mereka berbicara satu sama lain daripada melihat foto atau membalas pesan di ponsel mereka.”

Baca juga: Ratu Kecantikan Meksiko Ditangkap atas Pencurian Botol Anggur Bernilai Miliaran

Al Condominio diyakini sebagai restoran pertama di wilayah Veneto yang mengadopsi inisiatif serupa meskipun terdapat contoh restoran lain di Italia, termasuk Separe 1968, sebuah restoran di Marina di Cecina, Tuscany, yang menawarkan voucher kepada pelanggan yang menyerahkan ponselnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com