Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Unik Bar dan Restoran di Italia Menyajikan Menu Melalui "Jendela Anggur" Bersejarah

Kompas.com - 15/08/2020, 17:06 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber Daily Mail

ROMA, KOMPAS.com - Restoran dan bar di Italia telah mulai buka lagi dengan cara unik di tengah masa pandemi virus corona, yaitu dengan melayani melalui jendela-jendela kecil bersejarah yang dimiliki negara ini. 

Jendela kecil itu dijuluki "jendela anggur", dibuka kembali untuk menjaga jarak aman social distancing antara penjual dan para pelanggan dengan cara yang unik di tengah pandemi virus corona.

Baca juga: Kabar Baik Virus Corona, Singapura Catatkan Nol Kasus Komunal Pertama dalam 75 Hari

Melansir laporan Daily Mail pada Sabtu (8/8/2020), ada hampir 300 jendela kecil di seluruh Tuscany, wilayah Italia utara, dengan 150 di antaranya ditemukan di dalam tembok kota tua Florence.

Secara tradisional, "jendela anggur", yang dikenal sebagai buchette del vino, digunakan pada tahun 1630-an ketika wabah merebak.

Baca juga: Tingkat Stres Warga AS Tinggi dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona

Jendela itu memungkinkan pedagang untuk memberikan anggur mereka kepada pelanggan tanpa melakukan kontak langsung dengan para pelanggan.

Sekarang, dengan adanya pandemi virus corona yang memaksa orang untuk menjauh secara sosial, beberapa bisnis kecil di Tuscany telah mulai memfungsikan kembali "jendela anggur" mereka.

Jendela kecil yang memungkinkan pedagang untuk memberikan anggur kepada pelanggan tanpa melakukan kontak dengan mereka dan sekarang beberapa bisnis kecil di Tuscany telah menghidupkan kembali jendela anggur mereka.buchette del vino Via Daily Mail Jendela kecil yang memungkinkan pedagang untuk memberikan anggur kepada pelanggan tanpa melakukan kontak dengan mereka dan sekarang beberapa bisnis kecil di Tuscany telah menghidupkan kembali jendela anggur mereka.

Baca juga: Kim Jong Un Tolak Bantuan Internasional, Takut Virus Corona Kembali Menyebar

Di situs web, Wine Window Association mengungkapkan ide membuka kembali "jendela anggur".

"Semua orang dikarantina di rumah selama 2 bulan dan kemudian pemerintah mengizinkan pembukaan kembali secara bertahap," tulisnya dalam keterangan di web.

Baca juga: Sayap Ayam Beku Impor dari Brasil Terlacak Positif Virus Corona di China

"Untuk menghadapi kondisi sekarang ini, beberapa pemilik Florentine Wine Window yang giat berusaha, telah memutar kembali waktu (dengan menggunakan fungsi jendela bersejarahnya)," tambahnya.

Pendirian Osteria Delle Brache dan Babae, yang keduanya berada di Florence, adalah dua bisnis yang telah mengembalikan fungsi jendela bersejarah ke dalam pelayanan barnya.

Baca juga: Video Viral Tunjukkan Kerja Keras Pekerja Medis

Secara tradisional, jendela tersebut hanya digunakan untuk menyajikan anggur. Namun saat ini, kafe dan restoran juga ikut menyajikan menu Aperol Spritzes, es krim, dan kopi juga melalui jendela.

Beberapa "jendela anggur" hancur selama banjir melanda pada 1966 dan asosiasi ingin memperbaiki bagian yang rusak di semua jendela yang masih ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com