Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badan Legislatif Tennessee Sahkan UU Larang Pernikahan Antarsepupu Pertama

Kompas.com - 12/04/2024, 15:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

 NASHVILLE, KOMPAS.com - Badan legislatif Tennessee yang dipimpin Partai Republik telah memutuskan untuk mengirimkan proposal kepada gubernur Partai Republik, Bill Lee. Proposal berisi rancangan UU yang akan melarang pernikahan antarsepupu pertama.

Gedung negara bagian memberikan suara 75-2 pada Kamis (11/4/2024) mengenai RUU tersebut setelah sebelumnya senat menyetujuinya tanpa perlawanan apa pun.

Lawan yang sangat vokal, perwakilan Partai Republik Gino Bulso, menghabiskan sebagian besar waktu debat.

Baca juga: Sepupu Ratu Elizabeth II Tawarkan Investor Akses ke Kremlin demi Keuntungan Pribadi

Dia mengusulkan amendemen untuk mengizinkan pernikahan sepupu pertama jika pasangan tersebut terlebih dahulu mencari konseling dari konselor genetik.

Dalam sidang komite sebelumnya mengenai RUU tersebut, Bulso berbagi cerita tentang bagaimana kakek dan neneknya adalah sepupu pertama yang datang ke AS dari Italia pada tahun 1920an, kemudian melakukan perjalanan dari Ohio ke Tennessee untuk menikah.

Kemudian, dalam debat, pengacara yang konservatif secara sosial ini berpendapat bahwa risiko sepupu yang sudah menikah memiliki anak dengan cacat lahir tidak ada pada pasangan gay.

Dia berpendapat, tidak ada kepentingan pemerintah untuk melarang pernikahan sesama jenis karena hal itu akan bertentangan dengan keputusan mahkamah agung AS tentang pernikahan sesama jenis.

Dia juga menyampaikan argumennya dengan mengatakan bahwa menurutnya keputusan Mahkamah Agung mengenai pernikahan sesama jenis sangat salah.

Bulso sebelumnya telah mendukung undang-undang yang ditujukan untuk komunitas LGBTQ.

Baca juga: Malaysia Ambil Sikap Tegas Pasca-aksi Ciuman Pro-LGBT The 1975

Ini termasuk rancangan undang-undang yang ia sponsori yang sebagian besar akan melarang pengibaran bendera Pride di ruang kelas sekolah negeri, yang menurut para pendukung kebebasan sipil bertentangan dengan konstitusi AS.

“Pertanyaannya adalah apakah ada masalah kesehatan masyarakat jika laki-laki menikah dengan sepupu laki-laki?” kata Bulso. “Dan menurutku jawabannya adalah tidak.”

Pada akhirnya, anggota parlemen menolak amandemen Bulso dan menyetujui larangan yang diajukan oleh perwakilan Partai Demokrat Darren Jernigan.

“Saya harap dapat dikatakan bahwa pada tahun 2024, kita dapat menutup celah ini,” kata Jernigan, dilansir dari Guardian.

Jernigan mengatakan, pendapat jaksa agung tahun 1960 menetapkan bahwa undang-undang Tennessee tahun 1820-an yang membatasi beberapa pernikahan antarkerabat tidak menghalangi sepupu pertama untuk menikah.

Baca juga: UU Anti-LGBT Baru Uganda, Homoseksual Bisa Dihukum Mati

Ia menjawab argumen Bulso bahwa tidak ada pelanggaran terhadap putusan pernikahan sesama jenis dalam RUU-nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com