Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momen Raja Charles III Hadiri Kebaktian Minggu Paskah Usai Didiagnosis Kanker...

Kompas.com - 31/03/2024, 19:21 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

LONDON, KOMPAS.com - Raja Inggris Charles III menghadiri kebaktian Paskah di Kapel St. George di Kastil Windsor pada Minggu (31/3/2024).

Ini bisa dikata menjadi penampilan publik Raja yang paling signifikan sejak ia mengungkapkan diagnosis kanker pada awal tahun ini.

Raja Charles dan istrinya, Ratu Camilla, tiba dengan mobil untuk mengikuti kebaktian pagi yang berlangsung selama satu jam di Kapel St George, sebelah barat Ibu Kota London.

Baca juga: Pesan Paskah Raja Charles III Setelah Didiagnosis Kanker

Pria berusia 75 tahun itu mengenakan setelan jas dan dasi biru muda.

Ia sempat tersenyum dan melambaikan tangan kepada para jemaat yang telah mengantre berjam-jam untuk melihat sekilas Raja yang sedang sakit itu, sebelum memasuki kapel.

Meninggalkan kebaktian, Charles dan Camilla menyapa beberapa simpatisan yang berbaris di luar, berjabat tangan, dan mengobrol sebentar dengan beberapa orang di antara kerumunan.

Sebagaimana dikutip dari AFP, menghadiri upacara keagamaan adalah tradisi tahunan yang sudah berlangsung lama bagi keluarga kerajaan Inggris.

Namun, pewaris tahta Pangeran William dan istrinya Catherine atau Kate Middleton tampak tidak hadir pada peringatan Paskah tahun ini.

Penyebabnya, Putri Wales yang berusia 42 tahun itu sedang menjalani perawatan menyusul diagnosis kanker yang baru saja diumumkan minggu lalu.

Situasi ini merupakan krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya di zaman modern bagi kerajaan, karena dua anggota paling seniornya secara bersamaan berjuang melawan penyakit serius.
Baca juga: Kondisi Terkini Raja Charles III yang Dirawat karena Kanker

Charles baru saja 17 bulan memerintah ketika Istana Buckingham mengumumkan pada awal Februari bahwa ia menderita kanker dan akan menghentikan semua kegiatan yang berhubungan dengan publik selama ia menjalani perawatan.

Dia telah dirawat untuk operasi untuk kondisi prostat jinak pada bulan Januari tetapi kemudian didiagnosis menderita kanker yang tidak terkait. Jenis kankernya belum diungkapkan.

Raja telah melanjutkan pekerjaan di belakang layar dan mengadakan beberapa pertemuan langsung dan semakin sering menghadiri acara-acara resmi.

Pada pekan ini ia merilis pesan audio Paskah yang menekankan pentingnya tindakan persahabatan.

Raja juga difoto saat menerima para pemimpin komunitas dan agama di Istana Buckingham di pusat kota London pada Selasa (26/3/2024).

Sementara itu, pekan lalu, foto-foto menunjukkan dia bertemu dengan para diplomat di istana, serta para veteran Perang Korea, dalam dua acara terpisah.

Charles mengatakan dalam sebuah pernyataan awal bulan ini, bahwa ia akan terus melayani "sebaik mungkin", dan ia "sangat tersentuh" dengan harapan orang-orang akan kesehatannya.

Dia memuji Kate, sebagaimana dia dikenal secara luas, atas keberaniannya minggu lalu dengan mengungkapkan dalam sebuah pesan video bahwa dia sedang menjalani kemoterapi.

Baca juga: Pangeran Harry: Sakit Raja Charles Bisa Satukan Kembali Keluarga Kerajaan Inggris

Dia terakhir kali terlihat di sebuah pertunangan publik pada tanggal 25 Desember, kemudian menjalani operasi perut pada bulan Januari, setelah itu kanker ditemukan.

Kantor Istana Kensington mengatakan pada saat itu bahwa ia diperkirakan tidak akan siap untuk kembali ke tugas-tugas publik sampai setelah Paskah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com