Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratu Camilla Ungkap Kondisi Raja Charles III yang Didiagnosis Kanker

Kompas.com - 09/02/2024, 06:24 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Sky News

LONDON, KOMPAS.com - Ratu Camilla, istri Raja Charles III, mengatakan bahwa suaminya dalam kondisi yang sangat baik. Raja berusia 75 tahun itu disebut masih melanjutkan pengobatan kankernya.

Pada sebuah acara di Katedral Salisbury, Ratu Camilla juga mengatakan bahwa Charles merasa tersentuh oleh pesan-pesan dari masyarakat.

Camilla meninggalkan Charles di Sandringham untuk mendatangi acara pertunangan kerajaan. Di antara orang-orang pertama yang ia temui adalah staf medis dari Wiltshire Air Ambulance.

Baca juga: Pangeran Harry Kembali ke AS Usai Sehari Jenguk Raja Charles di Inggris

"Beliau baik-baik saja dalam situasi ini," ujar Camilla, dikutip dari Sky News. "Dia sangat tersentuh dengan semua surat dan pesan yang telah dikirim oleh publik. Itu sangat menggembirakan."

Perawatan kanker Charles sebagai pasien rawat jalan dimulai awal pekan ini. Dia kembali bersama Camilla ke rumahnya di Sandringham di Norfolk pada Selasa (6/2/2024) setelah menemui Pangeran Harry yang menjenguknya di London.

Duke of Sussex itu kembali ke keluarganya di California setelah ia dikatakan menghabiskan waktu sekitar 45 menit bersama ayahnya di Clarence House.

Charles didiagnosa menderita sejenis kanker setelah ia menjalani perawatan di rumah sakit untuk pembesaran prostat.

Istana Buckingham belum mengkonfirmasi jenis kanker apa yang dideritanya. Namun, dikatakan bahwa ia tidak mengidap kanker prostat.

Sementara itu, Pangeran William kembali ke tugas kerajaan untuk pertama kalinya setelah operasi perut istrinya dan diagnosis Charles.

Tiba di sebuah gala untuk Layanan Ambulans Udara London di pusat kota London pada Rabu (7/2/2024) malam, Pangeran Wales itu melambaikan tangan kepada orang-orang yang berkumpul di luar.

Baca juga: PM Inggris: Kanker Raja Charles Terdeteksi sejak Dini

"Kami sangat menghargai pesan-pesan baik dari semua orang, terima kasih," ujarnya.

Charles sendiri telah menunda semua tugas yang berhubungan dengan publik, meskipun ia tetap melanjutkan pekerjaannya mengurus surat-surat kenegaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com