Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Kanker Raja Charles III Masih Simpang Siur

Kompas.com - 06/02/2024, 12:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

LONDON, KOMPAS.com - Di Inggris, tiap dua menit seseorang diberitahu bahwa mereka mengidap kanker.

Pada Senin (5/2/2024), Istana Buckingham telah mengungkapkan bahwa Raja Charles termasuk di antara ribuan orang yang memulai 2024 dengan diagnosis itu.

Vonis serius ini terjadi saat Charles baru-baru ini menjalani pengobatan untuk pembesaran prostat jinak.

Baca juga: Riwayat Kesehatan Raja Charles III Sebelum Divonis Kanker

Meskipun Istana Buckingham belum mengungkapkan jenis kanker apa yang didiagnosis raja, namun diketahui bahwa penyakit tersebut bukanlah kanker prostat.

Kekhawatiran ini pertama kali menimbulkan kekhawatiran di kalangan dokter di Klinik London, sebuah rumah sakit swasta eksklusif di Marylebone.

Hal ini mendorong serangkaian tes diagnostik lebih lanjut yang kemudian mengidentifikasi suatu bentuk kanker, kata pihak istana.

Dilansir dari Guardian, rincian jenis tes yang dilakukan Charles belum diungkapkan, namun pemeriksaan kanker tersebut dapat melibatkan tes darah, scan, dan biopsi.

Biopsi adalah prosedur medis yang melibatkan pengambilan sampel kecil untuk diperiksa dengan mikroskop untuk melihat apakah terdapat sel abnormal.

Dengan satu dari dua orang mungkin terkena kanker selama hidup mereka, diagnosisnya tidaklah mengejutkan.

Usia adalah faktor risiko terbesar untuk sebagian besar kanker, dan saat ini Charles berusia 75 tahun.

Baca juga: Raja Charles III Didiagnosis Mengidap Kanker

Peningkatan risiko seumur hidup menjadi satu dari dua disebabkan karena semakin banyak orang yang bertahan hidup hingga usia tua, ketika kanker lebih umum terjadi.

Setiap tahun lebih dari sepertiga (36 persen) dari seluruh kasus kanker di Inggris didiagnosis pada orang berusia 75 tahun ke atas.

Secara keseluruhan, terdapat hampir 400.000 kasus kanker yang didiagnosis di Inggris setiap tahun, setara dengan lebih dari 1.000 kasus setiap hari.

Baca juga: Raja Charles III Pulang dari RS Usai Operasi Prostat

Kanker yang paling umum terjadi pada pria berusia 75 tahun ke atas di Inggris adalah kanker prostat, paru-paru, usus, dan kandung kemih, diikuti oleh kanker kulit melanoma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com