Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala Intelijen Rusia ke Korea Utara, Bahas Kerja Sama Keamanan

Kompas.com - 28/03/2024, 06:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber AFP

PYONGYANG, KOMPAS.com - Kepala mata-mata Rusia mengunjungi Korea Utara awal pekan ini untuk membahas kerja sama keamanan.

Hal itu dilaporkan kantor berita pemerintah Korea Utara pada Kamis (28/3/2024). Keduanya memperdalam hubungan di tengah perang Rusia-Ukraina.

Dikutip dari AFP, Sergei Naryshkin, kepala dinas intelijen luar negeri SVR Rusia bertemu dengan Menteri Keamanan Negara Korea Utara Ri Chang Dae selama kunjungannya pada 25-27 Maret 2024.

Baca juga: Saat Periksa Tank Pasukannya, Kim Jong Un Serukan Persiapan Perang

"Para pejabat membahas peningkatan kerja sama untuk mengatasi tindakan mata-mata dan rencana kekuatan musuh yang terus meningkat," lapor KCNA.

Rusia dan Korea Utara sama-sama terkena sanksi global, Yakni Moskwa atas invasi mereka ke Ukraina, dan Korea Utara atas uji coba senjata nuklirnya.

Pada bulan September tahun lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengadakan pertemuan puncak di timur Rusia.

Di mana Kim menyatakan bahwa hubungan dengan Rusia adalah prioritas nomor satu bagi negaranya.

Amerika Serikat kemudian mengklaim Pyongyang mulai menyediakan senjata kepada Moskwa.

Selain itu, Korea Selatan menegaskan awal bulan ini bahwa Korea Utara telah mengirimkan sekitar 7.000 kontainer senjata ke Rusia untuk perangnya dengan Ukraina sejak pengiriman dimulai sekitar bulan Juli lalu.

AS dan para ahli mengatakan Korea Utara mencari berbagai bantuan militer sebagai imbalannya, seperti teknologi satelit dan peningkatan peralatan militer era Soviet.

Baca juga: Kim Jong Un Awasi Latihan Peluncuran Roket Superbesar

"Kedua belah pihak mencapai konsensus pandangan yang lengkap mengenai isu-isu yang dibahas dalam dua pembicaraan yang berlangsung dengan suasana bersahabat," terang laporan KCNA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com