Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Ini Ciptakan Miniatur Mobil yang Harganya Lebih Mahal dari Mobil Sungguhan

Kompas.com - 28/02/2024, 21:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Didirikan pada tahun 1995 di Bristol, Inggris, Amalgam telah membangun reputasi dalam membuat replika mobil miniatur paling detail di dunia.

Dengan menjaga hubungan dekat dengan produsen top seperti Ferrari, Lamborghini, atau Aston Martin, perusahaan ini memiliki akses ke data CAD asli dan gambar teknik kendaraan yang mereka tiru, serta kode cat dan sampel warna mereka.

Amalgam juga menggunakan foto beresolusi tinggi dan pemindaian digital untuk membuat ulang setiap kendaraan dengan sempurna.

Baca juga: Ejek Mobil Hadiah Putin untuk Kim Jong Un, AS: Semoga Garansi Panjang

Dilansir dari Oddity Central, setiap replika skala 1:8 dari perusahaan ini membutuhkan waktu antara 250 hingga 450 jam kerja yang melelahkan untuk menyelesaikannya, sehingga harganya bisa mencapai 30.000 dollar AS, tergantung modelnya.

Amalgam baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan menambahkan Lamborghini Countach LP400 yang ikonik dan Lamborghini Revuelto yang akan datang ke dalam koleksi replika 1:8.

Model pertama akan diproduksi sebanyak 199 unit, dan seperti kreasi Amalgam lainnya, akan menampilkan semua elemen terkecil dari mobil aslinya, termasuk pintu gunting fungsional dan lampu depan pop-up, serta replika mesin V12 yang disedot secara alami.

Mobil ini bisa menjadi milik Anda dengan harga 18.700 dollar AS. Sedangkan untuk Revuelto, sejauh ini perusahaan hanya mempublikasikan rendering digital dari replika tersebut, namun harganya sudah diumumkan, yakni 16.400 dollar AS.

Penting untuk dicatat bahwa kreasi Amalgam bukanlah mainan biasa, melainkan karya seni yang dapat dikoleksi yang ditujukan untuk pemilik mobil mewah yang menginginkan barang berharga mereka dibuat ulang dalam skala yang lebih kecil.

Bahkan, perusahaan yang berbasis di Bristol ini menawarkan untuk membuat replika skala 1:8 yang dipesan lebih dahulu dari mobil siapa pun, hingga ke detail terkecil.

"Kami akan membuatkan Anda model yang luar biasa dan sangat detail yang mereplikasi setiap aspek spesifikasi mobil Anda," demikian bunyi situs web Amalgam. "Kami akan menyelesaikan model dengan warna cat dan interior yang tepat. Bahkan detail terkecil seperti warna jahitan pada jok, pelat nomor, roda, setiap aspek yang terlihat dari mobil Anda akan direproduksi dengan sempurna pada model Anda."

Miniatur yang dipesan lebih dahulu harganya sedikit lebih mahal daripada mobilnya.

Sebagai contoh, sementara model seri Revuelto dihargai 16.400 dollar AS, replika yang dipesan lebih dahulu akan dikenakan biaya sekitar 23.500 dollar AS.

Baca juga: Keakraban Putin dan Kim Jong Un, Diberi Mobil Mewah Tanpa Syarat

Saat ini, replika 1:8 termahal di situs web Amalgam adalah Ferrari 250 GTO, dengan harga 29.760 dollar AS.

Baca juga: Putin Beri Hadiah Kim Jong Un Mobil Buatan Rusia

Sedangkan untuk model termahal, gelar tersebut dimiliki oleh sepasang replika 1:4 dari dua kendaraan Mercedes Formula 1, masing-masing seharga 41.145 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com