Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keakraban Putin dan Kim Jong Un, Diberi Mobil Mewah Tanpa Syarat

Kompas.com - 21/02/2024, 15:28 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber DW

PYONYANG, KOMPAS.com - Presiden Rusia, Vladimir Putin, memberikan sebuah mobil mewah kepada pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, sebagai hadiah.

Pemberian dilaporkan oleh kantor berita pemerintah Korea Utara, KCNA, pada Selasa (20/2/2024).

Dilansir dari DW, menurut KCNA, hadiah itu mencerminkan hubungan khusus antara kedua pemimpin tersebut dan diberikan kepada saudara perempuan Kim, Kim Yo Jong, pada 18 Februari.

Baca juga: Putin Beri Hadiah Kim Jong Un Mobil Buatan Rusia

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, menjelaskan kepada media Rusia bahwa mobil yang diberikan kepada Kim adalah Aurus buatan Rusia, yang merupakan mobil kepresidenan Rusia yang mengangkut Putin.

Hadiah tersebut diberikan setelah Kim melakukan perjalanan ke Rusia pada September untuk bertemu dengan Putin, di mana Kim diajak naik kendaraan resmi Aurus milik Putin.

Pertemuan bulan September itu dianggap sebagai titik puncak dalam hubungan antara Korea Utara-Rusia, dengan Putin menyarankan kerja sama lebih lanjut di bidang ruang angkasa.

Baik Putin maupun Kim menghadapi isolasi internasional, dengan Putin dihukum sanksi karena invasi Ukraina dan Kim karena program nuklirnya.

Muncul kekhawatiran bahwa pemberian mobil tersebut dapat melanggar sanksi PBB terhadap Korea Utara.

Korea Selatan menegaskan bahwa pemberian mobil tersebut melanggar sanksi PBB yang melarang pasokan kendaraan transportasi ke Korea Utara.

Baca juga: Kim Jong Un Kembali Bersumpah, Tak Akan Ragu Habisi Musuh-musuhnya

Kim dikenal sebagai seorang kolektor mobil yang antusias, dengan banyak kendaraannya yang diam-diam dikirim ke Korea Utara dari luar negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber DW

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com