Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Houthi Klaim Tembakkan Rentetan Rudal ke Israel

Kompas.com - 03/02/2024, 15:31 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

UMM AL RASHRASH, KOMPAS.com - Kelompok Houthi di Yaman pada Jumat (2/2/2024) mengeklaim menembakkan rentetan rudal ke Israel.

“(Pasukan) melakukan operasi militer terhadap sasaran spesifik musuh Israel di daerah Umm Al Rashrash, selatan Palestina yang diduduki, dengan sejumlah rudal balistik,” kata juru bicara militer Houthi, Yahya Saree, di media sosial X yang sebelumnya bernama Twitter, dikutip dari kantor berita AFP.

Houthi yang didukung Iran memperingatkan, mereka akan terus menyerang Israel sampai agresi dihentikan dan blokade di Jalur Gaza dicabut.

Baca juga: Ini 30 Kapal yang Diserang Houthi Yaman di Laut Merah, 1 Berhasil Dibajak

Militer Israel sebelumnya mencegat rudal darat-ke-darat yang mendekati wilayahnya di area Laut Merah.

Serangan itu adalah yang terbaru dari rangkaian gempuran drone dan rudal yang diluncurkan Houthi sejak dimulainya perang Israel-Hamas di Gaza hampir empat bulan lalu.

Houthi juga berulang kali menyerang kapal-kapal di Laut Merah dengan alasan mendukung warga Palestina di Gaza yang dilanda perang.

Serangan tersebut membuat beberapa perusahaan pelayaran memutar kapalnya ke sekitar Afrika bagian selatan untuk menghindari Laut Merah, jalur penting yang biasanya dilewati sekitar 12 persen perdagangan maritim global.

Baca juga:

Militer AS pada Kamis (1/2/2024) menembak jatuh drone di lepas pantai Yaman, kemudian menghancurkan kapal tanpa awak bermuatan bahan peledak yang mengancam kapal-kapal di Laut Merah.

Komando Pusat AS (Centcom) juga mengatakan, Houthi menembakkan dua rudal anti-kapal yang kemungkinan ditujukan ke kapal kargo di Laut Merah, tetapi tidak mengenai target.

Baca juga: Kelompok Houthi, Iran, dan Gejolak di Laut Merah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com