Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lansia di China Wariskan Kekayaan Rp 442 Miliar untuk Kucing dan Anjingnya

Kompas.com - 26/01/2024, 16:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Seorang wanita lansia di China mewariskan seluruh kekayaannya sebesar £2,2 juta (Rp 442 miliar) untuk kucing dan anjingnya.

Diketahui bahwa kucing dan anjingnya adalah hewan peliharaan yang selalu menemainya, bahkan ketika wanita tersebut sedang sakit.

Maka dari itu, ia memutuskan untuk mewariskan kekayaannya pada hewan peliharaan tersebut, bukan untuk anak-anaknya yang sudah dewasa.

Baca juga: China Minta Iran Kendalikan Serangan Houthi di Laut Merah

Dikutip dari The Independent pada Kamis (25/2/2024), lansia di Shanghai itu bermarga Liu yang kemudian mengubah surat wasiatnya.

Sebab, anak-anaknya diduga mengabaikannya di usia tuanya, sementara hewan peliharaannya justru memberikan pendampingan dan kenyamanan.

Sebuah klinik hewan setempat telah ditunjuk sebagai pengelola warisan tersebut. Hanya saja ada tantangan hukum yang mencegah pewarisan langsung terhadap hewan di China, South China Morning Post, mengutip Zonglan News.

Liu ingin mewariskan seluruh warisannya kepada hewan peliharaannya, tetapi hal itu tidak sah di China. Dia juga dikabarkan marah kepada anaknya karena tidak menjenguknya, meski dia sedang sakit.

Usia pasti Liu tidak jelas. Tapi dia disebut sebagai wanita “tua” dalam laporan berita.

Baca juga: China Kembangkan Baterai Mini, Tahan 50 Tahun dan Tak Perlu Diisi Ulang

Chen Kai, seorang pejabat dari kantor pusat Will Registration Center di Beijing, mengatakan bahwa ada alternatif untuk menyelesaikan masalah ini.

"Kami akan menyarankan dia untuk menunjuk seseorang yang dia percayai untuk mengawasi klinik dokter hewan guna memastikan hewan peliharaannya dirawat dengan baik," terangnya.

Kisah ini dilaporkan telah memicu diskusi online tentang dinamika keluarga dan praktik warisan di China.

Sementara itu, ini bukan pertama kalinya hewan peliharaan menjadi kaya setelah manusia mewariskan warisan yang sangat besar kepada mereka. Khususnya, aspek hukum dan praktis dari warisan tersebut dapat berbeda.

Salah satu kasusnya adalah raja hotel Leona Helmsley, yang mewariskan £9,4 juta (Rp 1,8 triliun) dalam bentuk dana perwalian untuk kesejahteraan anjing Malta miliknya yang bernama Trouble setelah kematiannya pada tahun 2007.

Namun warisan ini mendapat banyak perhatian dan kritik publik, sehingga menyebabkan pengurangan jumlah warisan menjadi £1,57 juta (Rp 315 miliar) oleh hakim.

Sementara pada 2010, perancang busana Alexander McQueen mengalokasikan sebagian besar harta miliknya senilai £15,7 juta (Rp 3,1 triliun) untuk anjing-anjingnya.

Baca juga: Gempa Magnitudo 7,0 Guncang Perbatasan China-Kirgistan

"Rich Dogs Of Instagram" kemudian mendokumentasikan kehidupan mewah yang dijalani beberapa anjing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com