Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLTN Terbesar Dunia di Jepang Akan Beroperasi Lagi

Kompas.com - 28/12/2023, 14:37 WIB
Aditya Jaya Iswara

Editor

Penulis: DW Indonesia

TOKYO, KOMPAS.com - Regulator tenaga nuklir Jepang pada Rabu (27/12/2023) mencabut larangan operasional yang diberlakukannya dua tahun yang lalu terhadap pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Kashiwazaki-Kariwa milik Tokyo Electric Power (Tepco).

Atas pencabutan tersebut, pembangkit listrik nuklir kemungkinan besar akan kembali beroperasi.

Tepco sangat ingin mengoperasikan kembali pembangkit listrik tenaga atom terbesar di dunia ini untuk memangkas biaya operasional, tetapi proses pengoperasiannya masih membutuhkan persetujuan lokal di Prefektur Niigata, pesisir Laut Jepang.

Baca juga: Pekerja PLTN Fukushima Terdeteksi Miliki Tingkat Radiasi Tinggi di Hidung

Dengan kapasitas 8.212 megawatt (MW), PLTN ini sudah tidak beroperasi sejak sekitar tahun 2011 ketika bencana Fukushima mendorong penghentian semua pembangkit listrik tenaga nuklir di Jepang pada saat itu.

Sebelumnya pada 2021, Otoritas Regulasi Nuklir, NRA, melarang Tepco untuk mengoperasikan Kashiwazaki-Kariwa, satu-satunya pembangkit listrik tenaga atom yang dapat beroperasi.

Alasannya karena adanya pelanggaran keselamatan, termasuk kegagalan untuk melindungi bahan nuklir dan adanya kesalahan tindakan yang menyebabkan anggota staf yang tidak berwenang dapat mengakses area terlarang di pabrik.

Baca juga:

Namun dengan alasan perbaikan dalam sistem manajemen keselamatan, NRA pada Rabu (27/12/2023) akhirnya mencabut perintah tindakan korektif yang sebelumnya telah mencegah Tepco untuk mengangkut bahan bakar uranium baru ke PLTN atau memasukkan batang bahan bakar ke dalam reaktor tersebut.

Saham Tepco pun meningkat tajam setelah NRA mengindikasikan pada awal bulan ini bahwa mereka akan mempertimbangkan untuk mencabut larangan operasional setelah melakukan inspeksi di tempat dan bertemu dengan pemimpin perusahaan.

Baca juga: Kisah Hisashi Ouchi, Manusia yang Dipaksa Hidup Tersiksa dengan Radiasi Besar di Tubuhnya

Artikel ini pernah dimuat di DW Indonesia dengan judul PLTN Terbesar di Dunia Milik Jepang Siap Beroperasi Kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com