Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Rusia Nekat Terbang ke Luar Negeri Tanpa Paspor dan Tiket, Tak Disangka Lolos Pemeriksaan Bandara

Kompas.com - 13/12/2023, 18:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Seorang pria Rusia yang terbang dengan pesawat dari Denmark ke Los Angeles pada November lalu tanpa paspor atau tiket mengaku tidak ingat bagaimana ia bisa lolos pemeriksaan keamanan di Eropa.

Ini disampaikan dalam pengaduan federal yang diajukan oleh FBI. Dia pun telah didakwa dengan kejahatan federal.

Sergey Vladimirovich Ochigava, 46 tahun, tiba di Bandara Internasional Los Angeles pada tanggal 4 November dengan menggunakan pesawat Scandinavian Airlines nomor penerbangan 931 dari Kopenhagen.

Baca juga: Rusia Sita Paspor Warga Tertentu yang Dilarang ke Luar Negeri

Dilansir dari Guardian, dia awalnya mengatakan kepada pihak berwenang bahwa paspornya tertinggal di pesawat yang ditumpanginya.

Petugas Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan (CBP) AS tidak dapat menemukan Ochigava dalam manifes penerbangan atau penerbangan internasional lainnya, menurut pengaduan yang diajukan pada 6 November di pengadilan federal Los Angeles.

Dia didakwa menjadi penumpang gelap di pesawat dan mengaku tidak bersalah dalam dakwaan pada 5 Desember.

Persidangan dijadwalkan pada 26 Desember.

Ochigava tidak memiliki paspor atau visa untuk masuk ke AS, namun petugas bea cukai menemukan identitas Rusia dan Israel di dalam barang bawaannya.

Namun, pengaduan yang dituduhkan kepadanya tidak menyebutkan kewarganegaraannya atau apakah ia berkewarganegaraan ganda.

Petugas juga menemukan sebuah foto di ponselnya yang sebagian menunjukkan paspor yang berisi nama, tanggal lahir, dan nomor paspor, tetapi tidak ada fotonya, kata mereka.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-593 Serangan Rusia ke Ukraina: Pemberian Paspor Massal | Ekspor Biji-bijian Dibahas

Awak pesawat mengatakan kepada para penyelidik bahwa selama keberangkatan pesawat, Ochigava duduk di kursi yang seharusnya kosong.

Setelah keberangkatan, dia terus berkeliaran di sekitar pesawat, berpindah-pindah tempat duduk dan mencoba berbicara dengan penumpang lain yang mengabaikannya, menurut pengaduan tersebut.

Baca juga: Anjing di AS Memakan Paspor Pemiliknya yang Akan Menikah di Italia

Dia juga meminta dua kali makan ketika pramugari menyajikan makanan untuk penumpang, dan dia diduga mencoba memakan cokelat milik awak kabin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com