Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arkeolog Ternama Ungkap Alasan Sebenarnya di Balik "Kutukan Firaun"

Kompas.com - 04/12/2023, 21:00 WIB
Albertus Adit,
Irawan Sapto Adhi

Tim Redaksi

KAIRO, KOMPAS.com - Baru-baru ini, seorang arkeolog ternama memberikan pandangannya terkait "kutukan firaun".

Kutukan itu konon menyebabkan kematian bagi orang-orang yang berani mengganggu makam kuno di Mesir.

Padahal menurutnya, hal itu hanyalah kasus sederhana dari bakteri yang menumpuk di dalam makam.

Baca juga: Firaun Tutankhamun Punya Saingan, Ditemukan Mumi dengan Lidah dan Hati Emas

Sebagaimana dilansir New York Post pada Minggu (3/12/2023), Zahi Hawass, mantan menteri negara urusan barang antik Mesir, mengatakan kepada The Sun bahwa mitos kutukan itu tidak ada.

Ia kemudian memberikan saran kepada para arkeolog modern tentang cara menghindari mitos atau nasib yang buruk tersebut.

Kutukan tersebut telah lama diyakini akan menimpa siapa saja yang mengganggu sisa-sisa mumi orang Mesir kuno, termasuk orang-orang yang membuka makam Tutankhamun.

Di antaranya ialah Lord Carnarvon, pendukung keuangan pencarian Tutankhamun, yang meninggal lima bulan setelah membuka makam pada tahun 1923 akibat gigitan nyamuk yang terinfeksi saat ia bercukur.

Sedang yang lainnya termasuk pemodal Amerika George Jay Gould, meninggal karena pneumonia seusai melihat makam tersebut pada 1923, Sir Archibald Douglass Reid juga meninggal setelah melakukan rontgen pada mumi tersebut di London.

Ada pula arkeolog Amerika James Henry Breasted yang meninggal pada 1935 karena infeksi setelah perjalanan terakhirnya ke Mesir 1935, menurut laporan Washington Post pada 2022.

Baca juga: Arkeolog Mesir Klaim Temukan Makam Firaun Berisi Mumi Tertua dan Terlengkap

Sementara, arkeolog Inggris Howard Carter meninggal 17 tahun setelah ditemukannya penyakit Hodgkin. Meskipun media pada saat itu masih meributkan kehebohan dari adanya kutukan tersebut.

Hawass bersikeras bahwa ada alasan ilmiah di balik kematian yang terlalu cepat.

"Ketika ada mumi di dalam sebuah makam, mumi ini memiliki kuman yang tidak dapat Anda lihat. Para arkeolog di masa lalu terburu-buru masuk ke dalam makam, mereka terkena kuman dan kemudian meninggal," terangnya.

Untuk itu, Hawass mengatakan, agar dapat menghindari nasib serupa dengan meninggalkan ruangan makam yang baru dibuka selama 30 menit untuk membersihkan kuman-kuman tersebut.

"Baru dua minggu lalu saya menemukan sarkofagus tersegel, seberat 25 ton, sekitar 60 kaki di bawah tanah," jelasnya kepada The Sun.

Dia menyebut, tutup sarkofagus itu beratnya sekitar enam ton.

"Dua pekerja mulai membukakannya untukku, mengangkat tutupnya, lalu saya bisa menundukkan kepalaku dan melihat apa yang ada di dalamnya. Ketika mereka membukanya, saya membiarkannya terbuka selama setengah jam sampai udara buruk keluar dan udara segar masuk dan saya menundukkan kepala dan tidak melakukan apa pun. Itulah kutukan para firaun," terang dia.

Ketika ditanya apakah kutukan itu disebabkan oleh kuman kuno, Hawass menjawab, "Tepat sekali".

Hawass menjelaskan, ketika makam Tutankhamun ditemukan, hak eksklusif diberikan kepada London Times, sehingga wartawan lain membiarkan spekulasi merajalela.

Baca juga: Arkeolog Mesir Klaim Temukan Makam Firaun Berisi Mumi Tertua dan Terlengkap

"Kemudian wartawan lainnya tidak bisa menulis apa pun. Tetapi, ketika Lord Carnarvon meninggal lima bulan setelah penemuannya, mereka menciptakan banyak cerita tentang kutukan yang tidak benar," jelas Hawass.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com