Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Tembaki Warga Gaza Saat Gencatan Senjata, 2 Orang Tewas, 11 Terluka

Kompas.com - 24/11/2023, 21:50 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

JALUR GAZA, KOMPAS.com - Pasukan Israel diduga melepaskan tembakan ke arah warga Palestina yang berupaya kembali ke rumah mereka di Gaza utara saat gencatan senjata berlangsung pada Jumat (24/11/2023).

Akibat dari tembakan tersebut, dua orang dilaporkan tewas, sementara 11 orang lainnya terluka.

Seorang wartawan Associated Press (AP) telah menyaksikan kedatangan dua jenazah dan korban terluka di sebuah rumah sakit di kota Deir al-Balah di Gaza selatan akibat serangan Israel saat gencatan senjata.

Baca juga: Gencatan Senjata Dimulai, Kian Banyak Truk Bantuan Masuki Gaza

Mereka yang terluka ditembak di bagian kaki.

Penembakan pada Jumat ini terjadi beberapa jam setelah Militer Israel memperingatkan ratusan ribu warga Palestina yang mengungsi di Gaza selatan untuk tidak kembali ke rumah mereka di Gaza utara.

Selama ini wilayah Gaza utara telah menjadi fokus serangan darat Israel.

Militer Israel telah menyebarkan selebaran di Gaza selatan yang menyatakan bahwa kembali ke Gaza utara adalah hal yang dilarang dan berbahaya.

Sejak gencatan senjata empat hari diberlakukan pada Jumat pagi, ratusan warga Palestina memang terlihat berusaha menuju Gaza utara.

Para saksi mata mengatakan pasukan Israel menembaki orang-orang yang mencoba menuju ke utara.

Baca juga: Gencatan Senjata 4 Hari Israel-Hamas Resmi Dimulai

Sofian Abu Amer, yang telah melarikan diri dari Kota Gaza, mengatakan bahwa ia memutuskan untuk mengambil risiko menuju ke utara untuk memeriksa rumahnya.

"Kami tidak memiliki cukup pakaian, makanan dan minuman, Situasinya adalah bencana. Lebih baik seseorang mati," katanya.

Sejak hari-hari awal perang yang dipicu oleh serangan Hamas ke Israel selatan tujuh minggu yang lalu, ratusan ribu orang telah meninggalkan rumah mereka di utara atas perintah tentara Israel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com