Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-619 Serangan Rusia ke Ukraina: Zelensky Bantah Temui Jalan Buntu | Ursula von der Leyen ke Kyiv

Kompas.com - 05/11/2023, 06:58 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com – Masih ada beberapa hal baru yang terjadi mewarnai perang Rusia-Ukraina hari ke-619 pada Sabtu (4/11/2023).

Ini termasuk, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky membantah bahwa perang Ukraina dengan Rusia telah menemui jalan buntu. 

Sementara itu, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen berkunjung ke Ibu Kota Kyiv untuk membahas aksesi Ukraina ke UE dengan Presiden Ukraina Volodymr Zelenksy.

Baca juga: Rangkuman Hari ke-618 Serangan Rusia ke Ukraina: Kharkiv Dibombardir Drone | Jalan Buntu Konflik Rusia-Ukraina

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-619 yang dapat Anda simak:

Ursula von der Leyen di Kyiv untuk bahas aksesi Ukraina

Pada Sabtu, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen berkunjung ke Ibu Kota Kyiv untuk membahas aksesi Ukraina ke UE dengan Presiden Ukraina Volodymr Zelenksy.

Sebelumnya, Ukraina telah mengajukan permohonan keanggotaan UE tak lama setelah invasi Rusia pada 24 Februari 2022, dan menerima status pencalonan beberapa bulan kemudian sebagai sinyal dukungan kuat dari Brussel.

“Saya di sini untuk membahas jalur aksesi Ukraina ke UE,” tulis von der Leyen di X, sebagaimana dikutip dari AFP.

Ia mengunggah foto Zelensky yang menyambutnya di stasiun kereta Kyiv.

von der Leyen menambahkan bahwa mereka juga akan membahas dukungan finansial UE untuk membangun kembali Ukraina menjadi negara demokrasi yang modern dan sejahtera.

Ukraina ajukan tuntutan terhadap pemimpin Gereja Ortodoks Rusia

Ukraina pada Sabtu mengatakan, telah mengajukan tuntutan pidana terhadap Patriark Kirill, pemimpin Gereja Ortodoks Rusia, secara in absensia karena dianggap membenarkan invasi Rusia.

Pemimpin spiritual paling berpengaruh di Moskwa, pendukung setia Presiden Vladimir Putin, menyebut perang tersebut sebagai pertempuran bersejarah melawan “kekuatan jahat”.

Dinas Keamanan Ukraina mengatakan pihaknya bersama dengan kantor kejaksaan agung telah mengumpulkan bukti yang memberatkan kepala Gereja Ortodoks Rusia, Vladimir Gundyaev (dikenal sebagai Kirill).

Dikatakan, Kirill adalah anggota lingkaran dalam kepemimpinan militer dan politik Rusia, serta salah satu orang pertama yang secara terbuka mendukung perang skala penuh melawan Ukraina.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-617 Serangan Rusia ke Ukraina: Tahap Baru Perang Rusia | Rusia Gempur 100 Pemukiman dalam 24 Jam

Zelensky: Timur Tengah mengambil fokus dari Ukraina

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Sabtu mengatakan bahwa perang Israel-Hamas telah mengalihkan fokus dari perang di Ukraina.

“Tentu saja, jelas bahwa perang di Timur Tengah, konflik ini, menghilangkan fokus perhatian,” kata Zelensky dalam konferensi pers dengan Ketua Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com