Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Tak Cukup Siap Diserang Hamas, Intelijen Disalahkan

Kompas.com - 08/10/2023, 18:33 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

PARIS, KOMPAS.com - Duta Besar Israel untuk Perancis, Raphael Morav, pada Sabtu (7/10/2023) mengatakan bahwa negaranya tidak cukup siap saat diserang Hamas.

Kelompok Hamas di Palestina melancarkan serangan mendadak besar-besaran terhadap Israel hari itu, dengan menembakkan ribuan roket dari Gaza dan mengerahkan prajuritnya.

“Terkait kejutan ini, kami tidak cukup siap menghadapinya, kami bahkan bisa katakan hampir tidak siap,” kata Dubes Morav dalam wawancara dengan radio Perancis Europe 1.

Baca juga: Video Angkatan Udara Israel Serang Militan Hamas

Ketika ditanya tentang kemungkinan kegagalan badan intelijen Israel, Morav menjawab, "Tentu saja, ya... karena biasanya kami seharusnya sudah siap".

“Pelajaran harus diambil,” tambahnya, dikutip dari kantor berita AFP.

Israel diserang Hamas pada Sabtu (7/10/2023) pagi dari Jalur Gaza--melalui udara, darat dan laut--kemudian membalasnya dengan serangan udara di daerah kantong yang diblokade tersebut.

Ini adalah konflik Israel-Palestina dengan korban terbanyak sejak Mei 2021.

Baca juga:

Kementerian Kesehatan Gaza pada Minggu (8/10/2023) mengumumkan, jumlah korban tewas 313 orang dan 1.990 korban luka-luka.

Hamas menguasai Gaza sejak 2007, menyebabkan blokade Israel yang melumpuhkan wilayah miskin berpenduduk 2,3 juta orang itu.

Baca juga: Israel Balas Hamas dengan Serang Jalur Gaza, 198 Warga Palestina Tewas dan 1.610 Terluka

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com