Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Mendarat, Semua Barang Bagasi Pesawat Ini Ketinggalan di Bandara

Kompas.com - 10/09/2023, 23:47 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BILBAO, KOMPAS.com - Pesawat asal Swiss yang terbang dari Zurich ke Bilbao, Spanyol, pada Sabtu (9/9/2023) malam mendarat tanpa satu pun barang di bagasi.

Barang-barang tersebut ketinggalan di bandara keberangkatan tanpa sepengetahuan penumpang.

Harian Blick melaporkan, penumpang sudah menunggu lebih dari dua jam di conveyor belt tetapi tak ada tas dan koper yang keluar.

Baca juga: Misi Selesai, India Istirahatkan Pesawat Penjelajah Bulan

Juru bicara maskapai Kavin Ampalam membenarkan bahwa pesawat yang dioperasikan atas nama maskapai Edelweiss tersebut lepas landas dengan 111 penumpang, tetapi tidak ada barang bagasi di dalamnya.

“Ada kekurangan staf di darat,” katanya kepada AFP, seraya menambahkan bahwa kru sudah berupaya memperbaiki situasi.

Namun, setelah 1 jam 16 menit, situasinya masih tidak berubah dan karena alasan operasional mereka terbang ke Bilbao tanpa barang bagasi.

Ampalam menerangkan, alasannya adalah kebutuhan untuk mengejar penjemputan di Bilbao dan pesawat harus segera kembali ke Zurich sebelum bandara ditutup malam itu.

“Kami paham situasinya tidak nyaman bagi orang-orang yang terlibat, dan tentu saja kami menyesali ketidaknyamanan ini,” ujarnya.

Baca juga:

Blick mengutip para penumpang yang mengatakan, pilot sudah meminta maaf atas penundaan keberangkatan di Zurich dan menyebutkan adanya kurangnya personel, tetapi tidak mengumumkan keputusan berangkat tanpa bagasi.

Para penumpang mengatakan bahwa tidak ada staf yang mendarat di Bilbao dan mereka menunggu bagasi lebih dari dua jam.

Staf dari maskapai penerbangan Spanyol yaitu Iberia kemudian memberitahu mereka bahwa pesawat mendarat tanpa bagasi di dalamnya.

“Liburan kami hancur,” kata penumpang bernama Carsten Redlich kepada Blick.

Adapun Ampalam mengaku belum bisa memastikan apakah penumpang sudah diberitahu atau belum mengenai keputusan meninggalkan bagasi di Zurich.

Baca juga: Pesawat Militer AS Jatuh Saat Latihan di Australia, 3 Marinir Tewas, 20 Terluka

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com