Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-561 Serangan Rusia ke Ukraina: 16 Warga Sipil Tewas Imbas Serangan Pasar Kostiantynivka | Menteri Pertahanan Baru Ukraina

Kompas.com - 08/09/2023, 07:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Al Jazeera

KYIV, KOMPAS.com - Pasar di kota Ukraina diserang, Zelensky berang. Rusia semakin mempertajam gempuran. Ukraina, dengan perlahan, makin melancarkan serangan balasan.

Berikut rangkuman hari ke-561 serangan Rusia ke Ukraina, Kamis (7/9/2023).

Dilansir dari Al Jazeera, berikut kabar selengkapnya.

Baca juga: Ukraina Punya Senjata Baru, Dinilai Lebih Menakutkan dan Bisa Kalahkan Rusi

Situasi Perang

- Sedikitnya 16 orang, beberapa di antaranya anak-anak, tewas dan beberapa lainnya luka-luka setelah Rusia menyerang sebuah pasar di kota timur Kostiantynivka. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut serangan tersebut sebagai tindakan yang tidak berperikemanusiaan.

- Rusia melanjutkan serangannya ke pelabuhan Izmail di sepanjang Sungai Donau di wilayah Odesa, barat daya Ukraina. Satu orang tewas dalam serangan yang berlangsung selama tiga jam tersebut.

- Pertahanan udara Ukraina mengatakan bahwa mereka menembak jatuh rentetan rudal Rusia yang ditembakkan ke target-target di ibu kota Kyiv.

- Oleksandr Syrskyi, komandan angkatan darat Ukraina, mengatakan bahwa situasi di sepanjang garis depan timur masih tetap sulit dan tugas utama pasukannya adalah memastikan pertahanan yang dapat diandalkan dan mencegah hilangnya benteng-benteng pertahanan.

- Yevgeny Balitsky, pejabat tinggi yang dilantik Moskwa di wilayah Zaporizhia, Ukraina, mengatakan bahwa pasukan Rusia telah menarik diri dari Robotyne karena alasan taktis, seminggu setelah Ukraina mengumumkan bahwa mereka telah membebaskan desa tersebut.

- Menteri Pertahanan Rumania Angel Tilvar mengatakan bahwa bagian dari pesawat tak berawak Rusia jatuh di wilayahnya dan sedang dianalisis. Presiden Klaus Iohannis mengatakan sebelumnya bahwa tidak ada puing-puing yang jatuh di Rumania, yang terletak tepat di seberang sungai dari pelabuhan Izmail.

- Parlemen Ukraina menyetujui Rustem Umerov sebagai menteri pertahanan baru Kyiv setelah kepergian Oleksii Reznikov. Umerov adalah anggota komunitas Muslim Tatar di Crimea, semenanjung Ukraina yang dianeksasi oleh Rusia pada tahun 2014.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-560 Serangan Rusia ke Ukraina: Inggris Labeli Wagner Teroris | Menhan Baru Umerov

- Pilot Rusia Maxim Kuzminov, yang membelot ke Ukraina dengan helikopter Mi-8, akan menerima imbalan besar senilai setengah juta dollar AS karena telah berpindah pihak dan membawa peralatan militer.

- Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan bahwa Rusia telah mulai mengajarkan kurikulum baru di sekolah-sekolah yang menggabungkan keterampilan militer, termasuk pelatihan senjata dan perspektif Kremlin tentang sejarah Ukraina.

Diplomasi

- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken tiba di Kyiv untuk kunjungan dua hari guna menggarisbawahi dukungan AS untuk Ukraina di tengah serangan balasan yang sedang berlangsung.

- Zelensky menyambut Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen di Kyiv. "Saya berterima kasih atas bantuan militer Denmark, terutama F-16," tulisnya di X.

Baca juga: Ukraina Tunjuk Menteri Pertahanan Baru, Rustem Umerov dari Tatar Crimea

- Delegasi kongres AS akan bertemu dengan jaksa penuntut utama Mahkamah Pidana Internasional (ICC) Karim Khan di Den Haag pada hari Kamis untuk mendiskusikan tuduhan kejahatan perang terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com