Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lavrov Bicara Kapan Perang Rusia-Ukraina Akan Berakhir

Kompas.com - 12/07/2023, 15:30 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber Kompas.id

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, mengatakan perang di Ukraina tidak akan berakhir sampai Barat berhenti berusaha mengalahkan Moskwa.

"Hal tersebut akan terus berlanjut sampai Barat meninggalkan rencananya untuk mempertahankan dominasi dan obsesinya untuk menimbulkan kekalahan strategis Rusia melalui tangan boneka mereka yaitu Kyiv," katanya kepada Kompas tentang konfrontasi bersenjata di Ukraina, Rabu (12/7/2023).

Di tengah kesibukannya, Lavrov menyempatkan diri menjawab pertanyaan tertulis dari Kompas.

Baca juga: Lavrov: Serangan Drone di Kremlin Mustahil Tanpa Sepengetahuan AS

Sejumlah isu, khususnya isu perang di Ukraina, tarikan aneka kekuatan geopolitik global, serta isu kawasan khususnya ASEAN menjadi materi wawancara.

Komentar Lavrov ini muncul menjelang diadakan pembicaraan antara Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dengan para pemimpin negara anggota NATO dalam KTT mereka di Lituania pada Rabu ini.

Lavrov sendiri telah dijadwalkan akan menghadiri pertemuan dengan para Menlu dari Asia Tenggara di Jakarta pada pekan ini.

Dalam wawancara dengan Kompas, Lavrov mengecam Amerika Serikat dan sekutunya karena mendukung Ukraina.

Baca juga: Lavrov Sebut UE Jadi Organisasi Militeristik, Tak Jauh Beda dengan NATO

“Sejauh ini, belum ada tanda-tanda perubahan dalam posisi mereka dan kami melihat bagaimana Amerika dan antek-anteknya terus menerus dengan bersicepat memompa senjata ke Ukraina dan mendorong Vladimir Zelenskyy untuk melanjutkan pertempuran,” jelas dia.

Wawancara dengan Menlu Rusia Sergei Lavrov selengkapnya dapat disimak di Kompas.id

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com