Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zelensky: Serangan Balik Ukraina Sudah Dimulai Lawan Rusia

Kompas.com - 11/06/2023, 15:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Sabtu (10/6/2023) mengatakan, serangan balasan sedang dilakukan terhadap pasukan Rusia, tetapi ia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

"Tindakan kontra-ofensif dan defensif sedang berlangsung di Ukraina: dalam tahap saya tidak akan berbicara secara rinci," kata Zelensky saat konferensi pers bersama Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau di Kyiv, dikutip dari kantor berita AFP.

Seorang jurnalis meminta komentar Zelensky setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengeklaim bahwa serangan balasan Kyiv gagal.

Baca juga: Serangan Balik Ukraina Dibantu Tank Barat Dilaporkan Terjadi di Orikhiv

“Menarik apa yang Putin katakan tentang serangan balik kami. Penting bagi Rusia untuk selalu merasakan ini: mereka tidak punya waktu lama, menurut saya,” jawab Zelensky.

Dia pun mengaku setiap hari berkomunikasi dengan komandan militer, termasuk panglima angkatan bersenjata Valery Zaluzhny.

"Semua orang (berpikir) positif sekarang--katakan itu pada Putin!" imbuhnya.

Baca juga:

Sebelumnya, Putin pada Jumat (9/6/2023) mengatakan, serangan balasan Ukraina telah dimulai, tetapi Kyiv sejauh ini gagal mencapai tujuannya.

"Kami dapat dengan pasti menyatakan bahwa serangan Ukraina ini telah dimulai," kata Putin dalam wawancara video yang diterbitkan di Telegram oleh seorang jurnalis Rusia.

"Tetapi pasukan Ukraina tidak mencapai tujuan mereka di area pertempuran mana pun," tambahnya, sebagaimana dikutip dari AFP.

Ukraina sering menyampaikan sedang mempersiapkan serangan balasan untuk mengusir pasukan Rusia dari wilayahnya. Namun, mereka menyebut tidak akan ada pengumuman resmi terkait serangan ini.

Baca juga: Putin Sebut Serangan Balasan Ukraina Telah Dimulai, tapi...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com