Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanmay Sahu, Bocah India yang Jatuh ke Sumur Bor Sedalam 122 Meter Dilaporkan Tewas

Kompas.com - 11/12/2022, 07:54 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber DNA India

MADHYA PRADESH, KOMPAS.com - Tanmay Sahu, bocah India yang jatuh ke sumur bor sedalam 122 meter dilaporkan meninggal dunia saat ditarik keluar dari sumur, setelah operasi penyelamatan selama 70 jam yang dilakukan oleh pihak berwenang.

Tanmay Sahu yang berusia delapan tahun jatuh ke dalam sumur bor sedalam 55 kaki (122 meter) di desa Mandavi di distrik Betul Madhya Pradesh pada Selasa (6/12/2022) sekitar pukul 5 sore.

Operasi penyelamatannya dimulai satu jam kemudian.

Baca juga: [UNIK GLOBAL] Hampir Buta karena Mentato Mata | Akhir Naas Pria Tertinggi dalam Sejarah Dunia

Pasukan Tanggap Bencana Negara (SDRF), Home Guard, dan personel polisi setempat kemudian tetap bekerja selama empat hari terakhir tanpa henti, dalam operasi penyelamatan yang mencapai 70 jam.

Akan tetapi, bocah India itu diketahui tewas saat tubuhnya akhirnya bisa ditarik keluar dari sumur bor pada Sabtu (10/12/2022), kata Pemkab Betul dilansir dari DNA.

Jenazah Tanmay dibawa ke rumah sakit distrik Betul untuk laporan “post-mortem,” sementara orang tuanya berduka.

Sebelumnya, keluarga anak laki-laki tersebut mengajukan pertanyaan dan menuntut hasil segera dari upaya penyelamatan Tanmay Sahu.

Ibu Tanmay Sahu menjadi tidak sabar selama operasi penyelamatan yang berlarut-larut hingga mengatakan: “Berikan anak saya, apa pun itu. Apakah itu (penyelamatan) akan memakan banyak waktu bahkan jika itu adalah anak dari seorang pemimpin atau seorang perwira?"

Baca juga: Bocah India Jatuh ke Sumur Bor Sedalam 122 Meter, 16 Jam Penyelamatan Belum Membuahkan Hasil

Ayahnya, Sunil Sahu mengatakan bahwa insiden itu dilaporkan pertama oleh anak perempuannya yang juga kakak Tanmay yang berusia 12 tahun.

Si kakak “melihatnya (Sunil Sahu) jatuh ke dalam sumur dan memberi tahu saya tentang kejadian itu. Kami segera bergegas ke tempat itu. Dia bernapas dan kami mendengarkan suaranya saat kami bertanya.”

Selama beberapa dekade terakhir, beberapa laporan tentang anak-anak yang jatuh dan terjebak di dalam sumur bor telah muncul.

Kasus yang masih banyak dikenang adalah kasus Prince, seorang anak laki-laki berusia empat tahun yang jatuh ke dalam sumur sedalam 60 kaki di Haryana pada 2006.

Karena kekurangan air, beberapa petani di India membuat sumur bor dalam, yang digali ke untuk mengekstraksi air demi keperluan irigasi.

Namun, setelah sumur-sumur ini mengering, mereka ditinggalkan dan dibiarkan terbuka.

Kondisi ini menimbulkan risiko serius bagi orang yang lewat, terutama anak-anak.

Dilaporkan bahwa beberapa anak meninggal karena mati lemas setelah jatuh ke sumur bor yang sempit.

Baca juga: Bukan Pertama Kali, Insiden Jatuh ke Sumur Bor Pernah Timpa Bocah Bisu Tuli India, 105 Jam Terjebak Bersama Ular

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com