Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemimpin Chechnya Kirim 3 Anaknya ke Garis Depan Perang Rusia-Ukraina

Kompas.com - 07/10/2022, 22:37 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov, sekutu Presiden Vladimir Putin, pada Senin (3/10/2022) mengatakan bahwa dia mengirim tiga putranya yang masih remaja--berusia 14, 15, dan 16 tahun--ke garis depan perang Rusia-Ukraina.

"Sudah waktunya untuk membuktikan diri dalam pertarungan nyata, saya sangat menyambut keinginan ini," tulis Kadyrov di Telegram, seraya mengunggah video anak laki-laki menembakkan rudal di jarak tembak.

"Segera mereka akan pergi ke garis depan dan berada di bagian paling sulit dari garis kontak," lanjutnya dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: Putin Berikan Pemimpin Chechnya Pangkat Tertinggi Ketiga di Militer Rusia

Dia berkata, Akhmat (16), Eli (15), dan Adam (14) sudah dilatih untuk bertempur hampir sejak tahun-tahun termuda mereka. Kadyrov bersikeras dia tidak bercanda.

Video tersebut menunjukkan anak laki-laki dalam pakaian kamuflase dan kacamata hitam di tank dengan senjata diikatkan ke pinggang mereka, menembak peluncur roket dan senapan mesin.

Terkadang para remaja itu tersenyum saat menembak atau mengacungkan jempol.

Kadyrov yang merupakan mantan panglima perang yang memimpin republik Chechnya, menjadi salah satu pendukung paling vokal Putin atas serangan Rusia di Ukraina.

Video tersebut keluar saat Kremlin pada hari yang sama menolak seruan Kadyrov untuk menggunakan senjata nuklir hasil rendah di Ukraina setelah serangkaian kekalahan militer.

Baca juga:

"Di negara kita, penggunaan senjata nuklir hanya terjadi berdasarkan apa yang dinyatakan dalam doktrin yang relevan", kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov.

Meski demikian, Peskov memuji "kontribusi heroik" pemimpin Chechnya dalam operasi militer di Ukraina.

Kadyrov mengajukan opsi nuklir setelah pasukan Rusia menarik diri dari Kota Lyman, setelah butuh waktu berminggu-minggu untuk menguasainya awal tahun ini.

"Menurut pendapat pribadi saya, tindakan yang lebih drastis harus diambil, hingga deklarasi darurat militer di daerah perbatasan dan penggunaan senjata nuklir berdaya rendah," kata Kadyrov di kanal Telegram-nya.

Dia juga mengkritik Kolonel Jenderal Alexander Lapin, yang bertanggung jawab atas pertempuran pasukan Rusia di wilayah tersebut, dengan menyebutnya medioker.

Baca juga: Pemimpin Chechnya Buka Suara Kritik Kinerja Pasukan Rusia: Putin Tak Tahu Kondisi Perang Sebenarnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com