Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Terbaru: Anjing Ternyata Menangis Saat Bertemu Kembali dengan Pemiliknya

Kompas.com - 23/08/2022, 12:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

TOKYO, KOMPAS.com - Para peneliti di Jepang menemukan bahwa anjing mengeluarkan air mata saat bertemu kembali dengan pemiliknya.

Terlebih lagi, air mata itu tampaknya terkait dengan kadar oksitosin "hormon ikatan".

"Ini adalah laporan pertama yang menunjukkan bahwa emosi positif merangsang sekresi air mata pada hewan non-manusia, dan oksitosin berfungsi dalam sekresi air mata," kata tim tersebut, dilansir Guardian.

Baca juga: Kasus Pertama Penularan Cacar Monyet dari Manusia ke Anjing

Menulis di jurnal Current Biology, mereka menggambarkan bagaimana kontak mata antara manusia dan anjing mendorong manusia untuk merawat anjing, sementara tatapan seekor anjing dapat menyebabkan pelepasan oksitosin pada pemiliknya.

Anjing juga telah mengembangkan kemampuan untuk mengangkat alis bagian dalam mereka, suatu sifat yang menurut para ilmuwan mendorong manusia untuk memelihara mereka.

Peneliti di Jepang juga telah menemukan air mata anjjng mungkin memiliki efek yang sama.

“Saya memiliki dua pudel standar dan saya memiliki satu betina yang hamil enam tahun lalu,” kata Prof Takefumi Kikusui, salah satu penulis penelitian di Universitas Azabu.

Melihat wajahnya lebih lembut dari biasanya saat menyusui anak-anaknya, Kikusui menyadari matanya berkaca-kaca.

Baca juga: Video Anjing Menunggangi Kuda Sendirian Keliling Kota Viral

"Itu memberi saya gagasan bahwa oksitosin dapat meningkatkan air mata," katanya.

“Kami sebelumnya mengamati bahwa oksitosin dilepaskan, baik pada anjing maupun pemiliknya saat berinteraksi. Jadi kami melakukan eksperimen reuni,” tambahnya.

Pada langkah pertama, tim mengukur volume air mata yang dihasilkan oleh 18 anjing saat berada di lingkungan rumah normal mereka dengan pemiliknya, menggunakan tes Schirmer.

Ini melibatkan menempatkan potongan kertas khusus di dalam kelopak mata bawah dan mengukur seberapa jauh kelembaban bergerak di sepanjang strip.

Tim membandingkan volume ini dengan yang dihasilkan dalam lima menit pertama anjing-anjing itu dipertemukan kembali dengan pemiliknya setelah berpisah lebih dari lima jam.

Baca juga: Kepolisian AS Luncurkan Situs Kencan Tender, Khusus Kucing dan Anjing

Para peneliti mengatakan anjing-anjing menghasilkan volume air mata yang jauh lebih besar ketika bertemu kembali dengan pemiliknya daripada ketika berkeliaran di rumah sendirian.

Namun, peningkatan ini tidak terlihat ketika 20 anjing dipertemukan kembali dengan manusia familiar yang bukan pemiliknya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com